Belajar Menabung Sejak Dini, Menumbuhkan Karakter Menghargai dan Berani

Belajar menabung sejak dini (Sumber: Pixabay.com)

Belajar menabung sejak dini (Sumber: Pixabay.com)

Like

Memang benar bahwa kekayaan atau kesuksesan seseorang tidak hanya didasari faktor tingginya jabatan atau gaji yang besar. Terkadang kebiasaan sederhana seperti menabung juga dapat berpengaruh dalam usaha untuk mencapai hidup yang lebih makmur. 

Dilansir dari  blog.oyindonesia mengatakan bahwa menabung sejak dini bermanfaat untuk membiasakan diri disiplin dan menghargai setiap uang yang kita miliki. Untuk itu, kebiasaan menabung seharusnya wajib kamu biasakan, karena ini melatih konsistensi kamu juga untuk meraih tujuan. 

Oleh karena itu, sangat penting sebagai orang tua untuk mengajarkan anak cara menabung demi menumbuhkan karakter yang baik. Tentunya setiap orang tua ingin buah hatinya sukses bukan? Lalu apa saja manfaat yang bisa didapat dari belajar menabung sejak dini? Simak ulasan berikut. 


Disiplin Secara Finansial dan Menghargai Uang 


Raditya Dika mengatakan bahwa untuk melek finansial biasanya seseorang harus memulai mendisiplinkan diri untuk menabung dan mengalokasikan dana dengan baik seperti kepada beberapa instrumen investasi. 

Selain membantu anak untuk menjadi sukses dimasa depan, kebiasaan menabung juga dapat menghasilkan berbagai sifat dan kebiasaan baik lainnya bagi kepribadian anak. Salah satu yang bisa didapatkan yaitu disiplin secara finansial. 


Sebab, di era yang serba digital seperti ini sangat mudah untuk menghabiskan uang untuk hal yang bukan prioritas. Maka dari itu, penting bagi sang buah hati untuk belajar cara membedakan kebutuhan dengan keinginan agar tidak boros. 

Dengan mengajarkan anak cara untuk menabung sejak dini, maka mereka bisa terbiasa untuk menjadi disiplin secara finansial. Sehingga mereka bisa menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. 

Selain itu, anak kecil biasanya masih belum paham tentang betapa sulitnya untuk mendapatkan uang. Jika terlalu dimanja dengan diperbolehkan membeli sesuatu yang diinginkan secara berlebihan, anak bisa memiliki sifat boros. 

Sedangkan jika mereka belajar menabung sejak dini, maka anak akan lebih menghargai uang yang dimiliki. Sebagai orang tua bisa memberikan pengertian bahwa uang didapatkan dengan sudah payah, sehingga mereka akan segan untuk menghamburkannya. 

Baca juga: Tips Menabung Saat Pandemi? Harus Bijak Kelola Keuangan!


Memiliki Dana Cadangan  yang Bisa Digunakan Di Kemudian Hari 


Bayangkan saja jika anak sudah mulai menabung sejak dini semisal 10 ribu per bulan sejak enam tahun. Maka ketika mereka mulai beranjak remaja atau ke jenjang karir selanjutnya, mereka akan memiliki tabungan untuk memulai hidup mandiri. 

Mereka sudah mempunyai dana cadangan kurang lebih tiga jutaan. Meskipun terkesan tidak seberapa, tetapi tabungan tersebut bisa digunakan sebagai bekal kebutuhan lain ketika anak sudah beranjak dewasa, misalnya untuk melanjutkan studi atau memulai bisnis. 


Memupuk Rasa Mandiri Pada Anak 


Manfaat menabung sejak dini selanjutnya adalah anak akan lebih bisa mengelola keuangannya sendiri. Hal ini juga bisa berlanjut ketika mereka semakin dewasa karena uang harus didapatkan dengan kerja keras. Oleh karena itu, belajar menabung sejak dini sangat penting untuk memupuk rasa mandiri.

Dengan memahami bahwa uang harus didapat dari kerja keras, mereka akan lebih memiliki rasa tanggung jawab secara finansial kepada dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga akan memiliki rasa untuk tidak membebani orang tua dalam hal keuangan. 

Selain itu, ada hal baik lagi yang bisa didapat dari menabung secara dini yaitu terbiasa dalam mencatat pengeluaran. Meski terkesan sepele, pencatatan tersebut dapat memudahkan kamu untuk mengetahui untuk apa dan kemana saja uang yang dikeluarkan. 

Meskipun tidak mudah untuk menumbuhkan kebiasaan menabung sejak dini, tetapi kebiasaan tersebut jelas memiliki banyak manfaat. Hal tersebut dapat berdampak pada masa depannya agar lebih cemerlang. 

Belajar menabung sejak dini yang benar akan menumbuhkan beberapa sifat yang baik. Misalnya, rasa tanggung jawab mengatur keuangan, lebih memprioritaskan kebutuhan utama, dan memupuk rasa mandirinya. Dengan menabung, masa depan anak akan terlindungi bila suatu risiko terjadi pada mereka atau orang tua. Sebab anak sudah memiliki dana cadangan yang bisa digunakan jika keadaan darurat terjadi. 

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Kamu