Rahasia Hidup Simpel Minimalis Supaya Tidak Stres!

Rahasia hidup simpel minimalis (Sumber: Pixabay.com)

Rahasia hidup simpel minimalis (Sumber: Pixabay.com)

Like

Gaya hidup minimalis tidaklah selalu diartikan dengan hidup serba terbatas dengan tempat tinggal yang kecil. Pada zaman modern, gaya hidup simpel merupakan sebuah gagasan hidup sederhana yang menjadikan hidup lebih bahagia. 

Hidup minimalis menurut Bisnis.com saat ini memang sangat trend dalam masyarakat sejak saat Pandemi ini. Menurutnya menjadi minimalis adalah fokus pada kualitas bukan pada kuantitas apalagi FOMO (Fear of Missing Out). Minimalis adalah mindset yang wajib dimiliki. 

Salah satu praktik gaya hidup yang dapat diterapkan pada konsep ini adalah dengan mengurangi konsumsi berlebihan dan memiliki sedikit barang. Lantas apa lagi yang bisa menjadi rahasia hidup simpel minimalis agar tidak stres? Yuk simak ulasan detailnya seperti berikut ini. 


Anggaran Bisa Disimpan Untuk Sesuatu yang Lebih Penting 


Semakin banyaknya inovasi produk yang ada di zaman serba cepat ini, membuat kebutuhan banyak orang juga meningkat. Godaan untuk berbelanja akan terasa menyiksa, bahkan ketika kamu berusaha untuk mengurangi aktivitas tersebut. 

Kamu bisa menerapkan hidup simpel dengan membeli barang atau perabot yang diprioritaskan. Lalu, mengalihkan sejumlah anggarannya untuk hal hal yang lebih penting dan produktif, maka hidup akan lebih bahagia karena tidak overthinking. 


Semisal jika kamu mengunjungi sebuah toko perabot yang ada di sekitar lingkungan tempat, tentunya godaan untuk memiliki sofa atau kasur baru mungkin tidak tertahankan. Namun dengan memikirkan gaya hidup, hingga space di rumah, maka perlawanan godaan tersebut dapat dijalankan. 

Menjadi minimalis dapat dimulai dengan memilih produk yang memang multifungsi dan dapat bertahan lama. Ketika menjadi minimalis seseorang bisa bekerja lebih efisien dan efektif, lho!


Meningkatkan Konsentrasi 


Rahasia hidup simpel minimalis  selanjutnya adalah dengan memilih untuk mengatur lebih sedikit barang. Percayalah hal tersebut akan membuat kamu mengalami peningkatan konsentrasi dan fokus tetap terjaga. 

Semakin banyaknya perabotan dan peralatan, maka akan menambah beban kapasitas ruangan. Terlebih jika kamu memiliki hunian dengan space yang terbatas dan barang yang berlebih. Hal tersebut membuat beban baru untuk merapikannya. 

Namun, jika kamu mengorganisasi ruang lingkup hunian dengan konsep minimalis dan faktor penyebab stress tersebut, fokus dan konsentrasi dijamin akan bertambah. Sehingga hidup yang kamu jalani akan lebih bermakna dan bahagia. 

Baca juga: Berbagai Manfaat Lari Pagi untuk Produktivitas


Tidak Mengalami Kesulitan Untuk Membersihkan Rumah 


Sudah bukan rahasia lagi sebenarnya jika menggunakan konsep minimalis, kesulitan ketika membersihkan rumah seolah hilang. Hal inilah yang menjadi manfaat sesungguhnya dari memiliki lebih sedikit perabot atau barang. 

Rumah bisa tertata rapi dan terkoordinasi dengan sangat baik sehingga menjadikan sesuatu yang lebih menyenangkan. Dengan menggunakan rahasia hidup simpel minimalis, sudah pasti menjadi kunci utama untuk menjadikan pribadi yang lebih bahagia dan bebas dari stres. 


Kunci Hidup Agar Lebih Bermakna 


Untuk menerapkan hidup yang simpel, kamu harus menerapkan beberapa aspek. Salah satunya mengorganisir barang dengan rapi dan juga selalu menjaga kebersihan. Dengan begitu ruangan, perabot dan tampilan hunian lebih menarik dan rapi. 

Ketika memilih hidup sederhana kamu dituntut untuk berpikir secara serius bagaimana menjalani hidup agar lebih bermakna. Sebaiknya kamu tidak membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan. Jika bisa, kamu dapat membuatnya sendiri dengan kreativitas yang dimiliki. 

Belajarlah untuk menemukan sesuatu dalam hal hal kecil dan lebih sederhana. Kamu bisa memulai kegiatan yang positif seperti mengambil gambar, melukis, dan menemukan hal lain yang dapat membuat kamu tetap tenang dan tidak stres. 

Selain itu, ada juga rahasia hidup simpel minimalis yang bisa kamu terapkan jika ingin menemukan kedamaian, yaitu melakukan apa yang kamu sukai di kehidupan ini. Jangan pernah meniru gaya hidup yang dijalani orang lain karena kamu tidak akan merasa puas dengan hal tersebut. 

Akan lebih baik jika menerapkan hidup yang sesuai dengan situasi keuangan, kondisi yang sedang dijalani dan lain sebagainya. Kamu bisa memulai hidup simpel dengan menikmati hal hal kecil dalam hidup agar terbebas dari stres dan lebih bahagia. 

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Kamu