Apakah Anda Tahu Berapakah Gaji Make Up Artist? Yuk Cek Disini

Gaji make up artist (Sumber: Pixabay.com)

Gaji make up artist (Sumber: Pixabay.com)

Like

Akhir akhir ini banyak sekali bisnis yang sedang merangkak naik di berbagai kalangan baik itu wanita maupun pria, salah satunya saja Make Up Artist atau MUA. Bila anda memiliki bakat merias, maka tidak ada salahnya menjajal kesempatan brilian satu ini.

Menurut Quipper Campus menjadi seorang make up artist bisa berkisar dari 3 juta hingga 5 juta tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh penata rias. Industri saat ini memang sedang mendukung banyak para pekerja kreatif. 

Passion adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jadi jika kamu melihat potensi dirimu ada di sana dan bukan dalam dunia akademis. Maka, tenang saja dan lakukan dengan baik serta tekun. 

Disebut pula dengan perias, pekerjaan satu ini memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Terutama kini gaji Make Up Artist semakin hari semakin bertambah, tentunya dibutuhkan skill ahli di bidangnya. Penasaran dengan pekerjaan yang mulai meroket ini? Simak ulasannya.


Deskripsi Pekerjaan MUA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bila perias atau MUA ini merupakan orang orang yang melakoni pekerjaan merias wajah. Bahkan tidak jarang pula, seorang perias menata rambut customer guna berbagai kepentingan penting seperti acara formal.

Mulai dari wisuda, pesta, pernikahan, panggung, peragaan, ataupun keperluan pemotretan. Bisa dibilang, perias bukan terbatas pada artis semata namun kini telah merambah ke seluruh kalangan. Hal inilah yang membuat perias semakin terkenal dan mulai dicari banyak orang.


MUA pula memiliki peran guna mengubah penampilan customer dengan memanfaatkan berbagai bahan dan peralatan kosmetik. Dengan gaji Make Up Artist yang tinggi ini pun, menuntutnya harus bisa menguasai berbagai teknik merias.

Lazimnya, teknik merias ini terdiri dari berbagai hal mulai dari shading, contouring, blending, tightline, dan lain sebagainya. Teknik merias nantinya akan diperlukan agar bisa memenuhi ekspektasi dari customer. Seorang perias ini pun membutuhkan kepekaan guna memilih gaya yang akan menjadi tren.

Seorang MUA profesional biasanya memiliki ciri khas dalam setiap goresan yang dilukiskan di wajak customer. Dengan begitu, hasil riasan akan lebih berkarakter dan menarik. Tak hanya itu saja, pekerjaan ini pula memiliki berbagai tugas serta tanggung jawab yang harus diembannya.


Peran dan Tanggung Jawab MUA

Tugas pertama yang diemban oleh seorang MUA adalah menyamarkan bagian wajah yang kurang sempurna. Perias pula bertugas guna menonjolkan bagian wajah tertentu sesuai dengan instruksi pelanggannya. Tak ayal dengan peran pentingnya ini, gaji Make Up Artist dapat diperhitungkan.

Bahkan seorang MUA pun harus mampu melukiskan watak tokoh dengan mengubah wajah seseorang. Hal ini biasanya dilakukan dengan memperhatikan aspek umur, ras, bentuk wajah dan tubuh pada dunia seni peran yang akan dilakoni. Terkadang MUA juga harus menampilkan dimensi wajah pelanggan.

Baca juga: Cara Menjadi Fotografer Profesional


Alasan Pekerjaan MUA Menjanjikan

Bila anda telah menentukan pilihan untuk menjadi seorang Make Up Artist atau MUA, maka hal ini akan sangat bermanfaat buat kehidupan kelak. Pasalnya, tidak semua orang bisa mendandani dirinya sendiri tatkala akan menghadiri berbagai acara formal ataupun kasual.

Dengan begitu, kehadiran anda akan sangat dibutuhkan di tengah tengah masyarakat. Apalagi kini banyak sekali tren make up yang sedang hits. Untuk itu, anda harus bisa mempelajarinya agar pelanggan merasa puas dengan hasil rias yang ditorehkan di wajahnya.

Hebatnya lagi, tarif bagi seorang MUA pemula bisa mencapai hingga angka Rp. 300.000 setiap kali merias seseorang. Bila anda mengasah kemampuan semakin dalam lagi, maka kemungkinan tarif tersebut akan merangkak naik. Selain itu, perias yang memiliki jam terbang tinggi pun akan semakin tinggi tarifnya.

Gaji Make Up Artist yang tidak main main ini, tentunya akan menguntungkan. Apalagi bila anda memiliki sertifikasi khusus dalam hal merias wajah, hal ini akan menambah pundi pundi rupiah di masa depan. Namun anda pun harus mengiringinya dengan produk make up yang berkualitas pula.

Menjajal berbagai usaha bisnis yang sedang tren memang menyenangkan. Namun ada kalanya, anda harus memperhatikan berbagai hal. Sebagai contohnya saja pekerjaan perias atau MUA yang sedang naik daun. Dengan usaha keras, dapat dipastikan anda akan mendapatkan hasil memuaskan.

Baca juga: Jadi Pengusaha Sukses di Usia Remaja, 5 Hal Ini Mesti Kamu Korbankan