Heboh Layanan Google Down, Kok Bisa?

Google - Canva

Google - Canva

Semalam (14/12), jagat internet sempat heboh nih gara-gara semua layanan aplikasi Google enggak bisa diakses alias down!

Layanan Google, mulai dari Google Drive, Gmail. Maps, Play Store, hingga Youtube, mengalami gangguan nih, Be-emers.

Ternyata, hal itu enggak cuma terjadi di Indonesia saja lho. Semua pengguna Google di seluruh dunia mengalami hal yang sama. Waduh!

Baca Juga: Apa Itu Google My Business dan Fungsinya?

Seperti yang diinformasikan di laman BBC, gangguan tersebut dilacak terjadi pada pagi hari waktu Inggris Raya. Diketahui, terjadi kesalahan server pada Google saat dikunjungi sama netizen.

Lumpuhnya sistem itu terjadi secara meluas. Namun, sebenarnya, dasbor layanan Google awalnya enggak menunjukkan gangguan sama sekali. Hingga akhirnya beralih ke status merah di semua layanan.

Diketahui dari laman Bisnis, saat membuka layanan Gmail misalnya, terdapat sebuah pernyataan yang berbunyi,
“Kami mengetahui adanya masalah dengan Gmail yang mempengaruhi sebagian besar pengguna. Pengguna yang terpengaruh tidak dapat mengakses Gmail,"

Sementara itu, Youtube yang down semalam juga meresahkan nih. Bahkan, hashtag #YoutubeDown sempat jadi trending topic di Twitter lho!

Ternyata, menurut website Downdetector, Youtube down terjadi sejak siang tadi, Be-emers. Diketahui, sebanyak 85.115 pengguna Youtube telah melaporkan masalah dalam akunnya tersebut.

Selain itu, masalah yang terbanyak dikeluhkan adalah:
  • Website enggak bisa diakses sebanyak 49 persen
  • Enggak bisa menonton video di Youtube sebanyak 45 persen dan
  • Keluhan lainnya sebanyak 4 persen.

Sedangkan tadi malam, saat laman Youtube dibuka, muncul keterangan “offline” layaknya sedang enggak ada akses internet.

Di sisi lain, meski banyak layanan Google yang enggak bisa diakses, mesin pencarian Google menjadi satu-satunya yang bisa diakses lho!

Adapun, terkait layanannya yang mengalami gangguan dan menghebohkan dunia, hingga kini belum ada komentar resmi dari pihak Google.

Baca Juga: Google Hangouts untuk Rapat Juga Bisa Digunakan Lho! Begini Caranya