Kamu Butuh Pemasukan Tambahan? Intip Ide Bisnis Rumahan Berikut Yuk!

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Sudah kepikiran buat menjalani usaha sendiri belum nih, Be-emers?

Bagi sebagian orang, menjalani sebuah bisnis tentu jadi hal yang perlu dilakukan dengan banyak persiapan. Hal itu benar banget kok.

Namun, menjalani bisnis tentu bisa dari hal-hal sederhana, bahkan dari rumah kamu sendiri lho!

Apalagi buat kamus yang sedang butuh pemasukan tambahan, bisnis rumahan bisa jadis laah satu solusi buat mendapatkan cuan nih, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah ide bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah.

Baca Juga: Cuan Sejak Remaja, Ini Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Coba
 

Pekerja Lepas (Freelancer)

Kalau kamu tertarik dalam dunia freelance, kamu bisa bekerja dari rumah dan menjadi bos bagi diri kamu sendiri lho, Be-emers. Ada banyak pilihan pekerjaan lepas yang bisa kamu lakukan sesuai kemampuan kamu.


Kamu bisa jadi seorang penulis, ahli di bidang SEO, transkripsi, desain grafis, ilustrator, hingga membuka jasa konsultasi.

Atau, kamu sering membuka media sosial dan mampu untuk mengelola kontennya dengan baik?

Kayaknya kamu bisa nih jadi seorang freelance pengelola media sosial. Kamu bisa menggunakan keahlian mengelola akun media sosial untuk perusahaan, dan bahkan individu.

Enggak berhenti sampai di situ, buat kamu yang concern dalam proses editing video maupun audio, kamu bisa memanfaatkan jadi peluang cuan. Apalagi, sekarang makin banyak orang yang mendengarkan podcast dan menonton video di media sosial.

Sementara itu, buat kamu yang teliti dan punya perangkat komputer yang hebat, kamu juga bisa nih mencoba peluang cuan sebagai petugas data entri. Bahkan, banyak pengusaha di luar sana yang mencari juru tulis entri data untuk membantu mereka memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan spreadsheet.
 

Asisten Virtual

Terkadang, banyak orang yang enggak sanggup untuk melakukan banyak kegiatan dalam satu hari. Enggak heran, mereka pun butuh tenaga asisten untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.

Uniknya, asisten kini enggak harus selalu berada di sisi orang yang membutuhkannya. Asisten virtual kini juga marak dijalani oleh banyak orang lho.

Adapun, seorang asisten virtual bisa membantu sejumlah hal, termasuk posting media sosial, entri data, menulis deskripsi produk, mengatur pertemuan atau panggilan telepon, mengatur file, hingga melakukan penelitian.
 

Berdagang di E-Commerce

Kini, kamu enggak perlu pusing-pusing berjualan dengan menyewa toko atau menyediakan lapak. Kamu cukup berjualan dari rumah dengan memanfaatkan platform e-commerce untuk berjualan secara online.

Kamu tinggal menentukan segmen produknya dan buatlah kampanye atau promosi menarik. Sehingga, produk kamu bisa bersaing secara sehat dengan produk lain di e-commerce.
 

Ahli Sulih Suara (Voice Over)

Maraknya konten video dan podcast, enggak hanya membawa cuan buat para editor nih. Buat kamu yang punya suara keren dan komunikatif, kamu bisa menekuni voice over lho!

Apalagi, enggak setiap orang punya bakat pengisi suara atau pembaca narasi yang enak didengar.
 

Pengasuh Hewan Peliharaan

Lucunya hewan peliharaan rupanya bisa membawa rezeki juga nih. Kalau kamu pecinta binatang dan ahli dalam merawatnya, kamu bisa coba untuk menjadi pengasuh hewan peliharaan.

Namun, kamu juga harus tekun dan sudah banyak mempunyai ilmu yang cukup dalam hal maintenance hewan peliharaan ya!

Baca Juga: Ini Siasat Kembangkan Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi