Jenis Pertanyaan Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang, Yuk Simak!

Pertanyaan untuk mengetahui kepribadian (Sumber: Pixabay.com)

Pertanyaan untuk mengetahui kepribadian (Sumber: Pixabay.com)

Like

Untuk mengenal seseorang saat ini sudah sangat mudah. Kamu tidak perlu melakukan pendekatan terhadap seseorang untuk mengetahui kepribadiannya. Cukup dengan melontarkan beberapa pertanyaan yang terkait dengan kepribadian.

Dilansir dari Popbela ada beberapa cara bagaimana mengetahui karakter seseorang yaitu dengan melihat dengan tatapan mata, tulisan tangan, dan cara berkomunikasi. Pertanyaan untuk mengetahui kepribadian seseorang juga dibagi menjadi beberapa jenis pertanyaan yang cukup mendetail. Berikut beberapa contoh jenis pertanyaan yang digunakan untuk mengetahui karakter seseorang.


Pertanyaan Pilihan Ganda


Pertanyaan pilihan ganda seringkali dijumpai pada saat tes psikologi kepribadian. Tes ini biasanya diberikan dengan memberi beberapa pilihan ganda yang terkait dengan kejadian-kejadian yang sesuai dengan kehidupan nyata.
Walaupun tidak semua pertanyaan pilihan ganda selalu berhubungan dengan kehidupan nyata, namun pertanyaan tersebut pasti akan menunjukkan sisi tersembunyi dari kepribadian seseorang.

Pertanyaan pilihan ganda untuk mengetahui kepribadian seseorang biasanya disediakan dengan beberapa pilihan ganda, seperti A, B, C, D hingga E. Ada juga pertanyaan yang hanya memberikan pilihan ganda 2 saja, yaitu A dan B.
Untuk pertanyaan pilihan ganda sendiri terdapat pertanyaan yang hanya memberikan pilihan gandanya saja tanpa disertai pertanyaan. Sebagai contoh, seseorang langsung diberikan 2 pilihan ganda. 


Jika seseorang tersebut memilih salah satu, maka akan langsung dapat diketahui bahwa hal tersebut adalah karakter yang dimilikinya. Pertanyaan untuk mengetahui kepribadian seseorang ini memang terkesan unik. Tidak heran jika pertanyaan yang dilontarkan juga unik-unik. Pertanyaan yang ditanyakan mengenai hal-hal yang dibanggakan pada diri seseorang, jika dalam kondisi yang cukup mendesak akan menolong orang lain atau mendahulukan dirinya sendiri. 

Pertanyaan-pertanyaan yang demikian, diberikan pilihan ganda yang sesuai untuk dapat mengetahui kecondongan karakter seseorang tersebut ke arah mana. Hingga pertanyaan-pertanyaan yang simple sekalipun. Pertanyaan simple tersebut bisa berupa mengenai hal seperti jenis film yang disuka, gaya musik yang digemari, jenis hewan yang lebih disukai hingga menjelaskan sifat buruk yang terdapat pada diri seseorang tersebut.

Baca juga: Resensi Buku Quiet Susan Cain: Siapapun Berharga!


Pertanyaan yang Perlu Penjabaran


Tidak hanya jenis soal yang diberi pilihan ganda, akan tetapi ada pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan penjabaran sehingga seseorang yang diberi penjabaran tersebut harus menjelaskan secara detail. Pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan penjabaran tersebut akan lebih mengenal dan mengetahui karakter seseorang dari cara seorang tersebut menjawab dan menjelaskannya melalui lisan maupun tulisan.

Contoh pertanyaan untuk mengetahui kepribadian seseorang yakni dengan menanyakan hubungannya dengan keluarga di rumah. Sebab, hal tersebut akan menunjukkan karakter asli seseorang ketika ia berada di rumah pribadi. Seseorang akan lebih menunjukkan jati dirinya ketika berada dalam rumah, oleh sebab itu menanyakan hubungan hingga kebiasaan yang dilakukan di rumah sudah dapat menjadi acuan untuk mengetahui kepribadian seseorang.


Pertanyaan yang Menggunakan Warna


Setiap warna memiliki makna dan karakter masing-masing. Maka tidak heran, jika seseorang memilih sebuah warna maka juga akan menggambarkan karakter orang tersebut. Tidak heran jika banyak tes kepribadian yang menggunakan warna serta gambar.

Dengan memberikan pertanyaan berupa warna yang paling disukai hingga menyuruh seseorang memilih warna sesuai dengan kondisi tertentu, sudah bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kepribadian orang tersebut. Sebagai contoh, jika seseorang lebih dominan menyukai warna pink maka bisa dipastikan orang tersebut sangat girly atau feminim.

Berbeda dengan seseorang yang menyukai warna hitam, dapat dipastikan orang tersebut lebih misterius dan tertutup. Dengan memberikan pertanyaan untuk mengetahui kepribadian seseorang menggunakan warna cukup membantu untuk semakin menjelaskan karakter atau kepribadian asli dari orang tersebut.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengenal kepribadian seseorang salah satunya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup mendalam, seperti planning yang akan diraih, hubungan dengan kerabat, hingga warna yang paling disukai.

Baca juga: Jangan Ragukan, Seorang Introvert Bisa Juga Jadi Pemimpin