Apa Itu Workshop dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apa itu workshop (Sumber: Pixabay.com)

Apa itu workshop (Sumber: Pixabay.com)

Like

Teruntuk kamu yang baru lulus, workshop dapat memberiikan segudang untuk mempersiapkanmu menghadapi dunia kerja. Namun, tak sedikit orang yang bertanya mengenai apa itu workshop. 

Workshop secara nyata memberikan banyak manfaat untuk seseorang, diantaranya menambah ilmu, teman, networking, dan masih banyak lagi. Jika kamu masih merasa bingung mengenai workshop, yuk simak penjelasan dalam ulasan berikut ini.


Pengertian Tentang Workshop

Tak sedikit orang menganggap bahwa workshop sama dengan seminar, nyatanya kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Jika seminar biasanya peserta hanya menjadi pendengar saja, di workshop peserta justru dapat memberikan feedback kepada pembicara.

Bentuk workshop pun sangat beragam, sesuai dengan kondisi dan situasi bidang yang akan dibagikan dalam workshop. Umumnya, workshop dapat berbentuk praktik, pelatihan, diskusi, dan workshop via digital.

Jika dilihat dari skala durasi, workshop terbuka untuk peserta yang berjumlah lebih kecil. Dengan demikian, pelatihan dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif. Tak jarang pula workshop dilakukan dengan durasi berhari hari lamanya.

Topik workshop pun lebih spesifik jika dibandingan dengan seminar. Lebih lanjut, apa itu workshop memiliki kriteria sesi praktik dan tanya jawab yang terbuka dengan durasi lebih lama. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menanyakan segala hal demi bekal menuju dunia kerja.


Baca juga: Kenapa Customer engagement Penting dalam Dunia Bisnis? Simak Penjelasannya


Manfaat Mengikuti Workshop

Workshop merupakan salah satu cara untuk mengembangkan skill dalam diri. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Secara umum, workshop biasanya diisi oleh para ahli yang membagikan pengalaman dan ilmunya.

Adanya pembicara yang ahli dalam suatu bidang dapat menumbuhkan skill dalam dirimu. Mana tahu, kamu bisa tertarik untuk menjajal hal baru yang telah disampaikan pembicara dalam workshop tersebut.

Meski terkadang workshop tidak sesuai dengan karier yang diinginkan saat ini, namun semua ilmu yang akan kamu dapat akan sangat berguna bagi masa depanmu. Bahkan, kamu juga bisa membagikan hal hal yang telah dicapai kepada seluruh anggota yang mengikuti workshop.

Kamu pun akan mendapat feedback dari mereka yang juga membagikan pengalaman masin masing. Selain mendapatkan ilmu, kamu bisa lebih tahu apa itu workshop dengan mengikutinya bersama relasi relasi baru.

Memiliki banyak relasi secara tidak langsung dapat turut meningkatkan perkembangan perusahaan. Waktu yang kamu miliki pun akan terasa lebih berharga karena mengikuti workshop di berbagai bidang.


Keuntungan Workshop Untuk Perusahaan

Kamu tentu tahu, untuk menjadi seorang pengusaha tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak sekali faktor yang perlu dimiliki oleh setiap pemula bisnis. Agar wawasan lebih luas dan skill semakin terasah, kamu bisa mengikuti workshop bisnis.

Dengan mengikuti acara workshop, kamu bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang yang sudah ahli dan sukses dalam suatu bidang bisnis. Tangkap semua ilmu dan pengalaman untuk dijadikan sebagai edukasi diri dalam bidang bisnis.

Kamu pun bisa merasakan bagaimana realitas perjuangan dalam menjalankan sebuah bisnis. Ini juga bisa menjadi acuan atau motivasi bagi kamu yang masih belum memiliki pandangan untuk menjajal bisnis. 

Tanyakan persoalan apa itu workshop kepada pembicara dan mintai tips agar sukses dalam berbisnis. Jangan malu untuk menanyakan hala tersebut, pasalnya dalam sebuah workshop komunikasi antar peserta dan pembicara sangatlah dianjurkan.

Teruntuk kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis, lengkapi dirimu dengan pengetahuan dari workshop. Pengetahuan tersebut berdasarkan dari pengalaman, jadi dapat dipastikan keasliannya. Hal yang perlu kamu lakukan ialah memanfaatkan waktu luang untuk mengedukasi diri mengenai bisnis. 

Baca juga:  Apa Itu Job Specification dan Fungsinya Bagi Pekerja dan Perusahaan?