Kamu Wajib Tahu! Berikut Pengertian Business Development Beserta Tugasnya

Business development adalah (Sumber: Pixabay.com)

Business development adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Pada dasarnya, business development merupakan sebuah proses identifikasi jangka panjang yang berguna untuk meningkatkan pengembangan perusahaan. Sebagian orang menganggap bahwa bisnis development adalah pekerjaan seorang sales.

Padahal jika dilihat dari kacamata bisnis, business development identik dengan skill komunikasi yang baik. Menurut Neuvoo gaji bisnis devlopment di Indonesia berkisar Rp. 6.000.000/bulan. Jika sudah berpengalaman tentunya akan dihargai lebih tinggi lagi. Biasanya dimulai dari Rp 12.000.000/bulan ke atas. 

Lantas, apa sebenarnya pengertian dan tugas dari seorang business development? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.


Pengertian Business Development

Seperti yang kamu ketahui, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa BD (Business Development) merupakan pekerjaan di bidang sales. Padahal kenyataannya tak demikian. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, BD merupakan sebuah proses identifikasi perusahaan jangka panjang.

BD melakukan pengidentifikasian melalui pelanggan, dinamika pasar, dan relasi bisnis. Dengan demikian BD dapat diartikan sebagai pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mencari cara agar ketiga unsur tersebut dapat memberikan peluang untung bagi perusahaan.

Secara sederhana, nilai jangka panjang atau yang sering disebut dengan long-term-value merupakan gabungan dari unsur uang, keuntungan, dan image serta apapun yang menajadi fokus tujuan sebuah perusahaan.


Orang yang bertanggung jawab atas BD sebenarnya tak hanya mencari cara untuk memperoleh keuntungan dalam waktu singkat. Bisnis development adalah sebuah bisnis yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki tekad untuk memajukan perusahaan. 

Dengan kata lain, orang yang memliliki profesi sebagai BD harus memutar uang agar perusahaannya selalu untung. Sebuah perusahaan tentu akan sangat membutuhkan peran business development untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Apabila seorang business development tak mampu membuat taktik atau strategi yang tepat, maka perusahaan yang menaunginya akan sulit melewati tantangan dan persaingan dunia bisnis. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika perusahaan mengalami kegagalan.

Baca juga: Kenapa Customer engagement Penting dalam Dunia Bisnis? Simak Penjelasannya


Tugas Seorang Business Development


Bagi kamu yang tertarik untuk bergelut dalam dunia business development, maka wajib bagimu untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab penuh atas segala hal yang dilakukan. Pasalnya, pekerjaan ini membutuhkan tanggung jawab besar untuk bisa menjalankannya.

Sebagai langkah awal, kamu diharuskan untuk melakukan riset pasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui dinamika perdagangan di dalam maupun luar negeri. Dengan adanya riset pasar ini, perusahaan dapat melakukan evaluasi dan menentukan target baru.

Selain riset pasar, bisnis development adalah profesi yang membutuhkan beberapa skill. Beberapa skill yang wajib kamu miliki, mulai dari memahami produk perusahaan, melek teknologi, posisi bisnis dalam pasar, membaca laba untung-rugi, dan lain lain.


Syarat Menjadi Business Development


Untuk menjadi seorang business development, kamu wajib mengikuti beberapa persayaratannya. Beberapa diantaranya seperti mampu menganalisis pola bisnis, memiliki skill komunikasi, realistis, berwawasan luas, hingga fleksibel atau mampu beradaptasi.

Secara mendasar, mampu menganalisis pola dunia bisnis merupakan sebuah skill yang wajib dimiliki oleh seorang business development. Hal ini diperlukan sebagai tolak ukur kompetisi agar dapat menjaga perusahaan untuk tetap unggul.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah, seorang business development tentu akan berhadapan dengan orang orang baru. Untuk itulah skill komunikasi yang baik sangat diperlukan bagi setiap orang yang berprofesi sebagai BD.

Komunikasi yang baik dan wawasan yang luas dapat menjadikan seseorang mampu menghadapi dunia global. Sifat tersebut akan sangat berguna untuk kamu yang ingin menjajal business development. Jadi, bisnis development adalah pekerjaan yang sangat berbeda dengan sales.

Setelah mengetahui business development yang dikupas tuntas pada ulasan tersebut, kini kamu bisa mempertimbangkan lagi untuk menjadi seorang BD. Kuncinya, yakin pada diri sendiri bahwa kamu memang pantas untuk mengemban tugas seorang BD. 

Baca juga: Apa Itu Job Specification dan Fungsinya Bagi Pekerja dan Perusahaan?