Kenapa Customer engagement Penting dalam Dunia Bisnis? Simak Penjelasannya

Customer engagement adalah (Sumber: Pixabay.com)

Customer engagement adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Dalam sebuah bisnis, pastinya kamu akan berinteraksi secara langsung dengan customer atau konsumen. Lazimnya, orang yang melakukan transaksi jual beli di bisnis yang kamu lakoni ini bisa saja dari kenalan ataupun teman sendiri. Bahkan tak sedikit dari orang yang tidak dikenal.

Dilansir dari studilmu.com mengatakan bahwa customer engagement dapat disebut juga ketertarikan pelanggan dan customer engagement sangat penting karena jika menjalani hubungan yang baik antara produsen dan konsumen maka konsumen tersebut akan terus tertarik membeli produk yang di jual.

Cara mencapai target sales untuk bisnismu juga memang harus dibarengi dengan action plan yang baik. Seperti halnya customer engagement adalah terjalinnya sebuah hubungan interaksi antara penjual dengan pembeli. Hal ini perlu dilakukan agar customer bisa kembali melakukan transaksi pada bisnismu. Untuk itu, berikut beberapa prinsip penting customer engagement dalam bisnis.


Komunikasi yang Lebih Proaktif dan Dipersonalisasi


Lazimnya, seorang pelanggan tidak hanya melakukan transaksi pada bisnis atau tokomu semata. Mereka pun pernah melakukan jual beli pada toko lainnya. Berdasarkan pemahaman tentang pengalaman mereka tersebutlah, komunikasimu dengan pelanggan akan menjadi lebih personal dan relevan.

Sebagai contohnya saja, tatkala kamu melihat bahwa pelanggan tersebut tidak menggunakan salah satu fitur penting pada produk yang dijajakan. Maka kamu perlu memberitahu mereka mengenai fitur tersebut beserta kegunaan dan keunggulan yang dimilikinya.


Hal seperti ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi pelanggan, dikala mereka sedang membutuhkannya. Maka dari itu, customer engagement adalah teknik yang sangat ampuh untuk membina hubungan antara penjual dan pembeli secara langsung.

Misalnya saja kamu memberikan sebuah pesan sederhana, seperti “Tahukah kamu bahwa ada fitur bernama X yang dapat membantumu untuk mengatasi masalah Y lebih mudah?”. Pertanyaan ini akan membuat customer merasakan jika kamu selalu memperhatikan perjalanan mereka.

Baca juga:  Apa Itu Job Specification dan Fungsinya Bagi Pekerja dan Perusahaan?


Keberhasilan Pelanggan merupakan Kesuksesan Penjual


Perlu kamu ketahui, bahwa yang dimaksud dengan keberhasilan pelanggan atau customer success ialah ketika penjual melakukan riset secara mendalam guna memahaminya. Lalu digunakan untuk menentukan kebijakan serta memberikan value di sepanjang perjalanan customer.

Keberhasilan seorang penjual akan sangat bergantung pada kemampuannya guna memelihara perkembangan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan yang pernah melakukan transaksi akan tetap melanjutkan hubungan dengan bisnis yang sedang kamu lakoni ini.

Untuk itu, kamu diharuskan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pelangganmu tatkala melakukan hal semacam ini. Tak hanya itu saja, customer engagement adalah strategi yang menuntut kamu untuk bisa mengetahui tujuan mereka.


Beberapa Data Pelanggan Lintas Tim


Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya kamu memiliki tim tetap guna membantu untuk melayani setiap pesanan pelanggan serta promosi. Untuk itu, dengan membagikan data ke setiap tim yang bersentuhan dengan pelanggan akan membantunya memiliki pemahaman yang sama pula.

Misalnya saja dengan siapa mereka berbincang, tahapan apa yang telah dilalui oleh pelanggan, produk apa yang telah dibeli oleh pelanggan, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, timmu akan memberikan pengalaman yang menyenangkan pula kepada para pelanggan secara keseluruhan.

Tak hanya itu saja, dengan berbagai data dari sesama tim pula akan membantumu untuk meningkatkan kualitas penjualan serta menaikkan trafik pada bisnis yang sedang dilakoni. Alangkah baiknya, bila kamu beserta tim mendata pelanggan yang telah dilayani dan dibagikan bersama.


Terus Tumbuh dan Berkembang


Bila telah memahami faktor pendorong dari customer success, maka selanjutnya kamu bisa berfokus pada peningkatan produk ataupun layanan dengan berhubungan baik terhadap pelanggan. Hal ini nantinya akan meningkatkan hubungan timbal balik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cobalah untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan agar kamu bisa terlibat dengan pelanggan di waktu yang tepat. Sehingga bisa disimpulkan customer engagement adalah cara yang paling ampuh untuk tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.

Sebagai seorang pebisnis, pastinya kamu telah melalui beragam masalah ketika berhadapan dengan pelanggan secara langsung. Agar kamu bisa menghadapinya, tidak ada salahnya dengan melakukan teknik yang paling mudah yakni customer engagement ini.

Baca juga:  Pengertian Branding dan Marketing, Apakah Perbedaan dan Tujuannya?