Berbisnis Resep Rumahan, Begini Tantangan dan Peluang Cuannya

Homemade Illustration - Canva

Homemade Illustration - Canva

Memulai usaha bisa kamu lakukan dari hal-hal sederhana lho. Bahkan, semua itu bisa dilakukan dari rumah.

Enggak cuma itu, resep masakan rumahan juga seringkali menjadi ladang cuan yang asyik nih, Be-emers. Apalagi, kalau resep tersebut sudah turun-temurun dan merupakan resep kebanggaan keluarga, sudah pasti akan punya cita rasa otentik yang jadi nilai jual.

Resep masakan rumahan juga sebenarnya enggak harus berwujud menu “berat”, seperti ayam goreng hingga kue bolu lho. Bahkan, kalau kamu punya resep sambal rumahan yang super enak, hal itu bisa jadi ladang cuan yang menggiurkan.

Hal itu juga yang dilakukan sama salah satu pengusaha sambal olahan, yakni Nadia Safira Mulholland. Diketahui dari laman Bisnis, menjalani bisnis di usia 18 tahun, Fira sudah terinspirasi untuk menjual sambal lauk buatan ibunya secara massal lho!

Baca Juga: Kamu Butuh Pemasukan Tambahan? Intip Ide Bisnis Rumahan Berikut Yuk!


 

Sambal Ledak - Image: Bisnis.com

Sambal Ledak - Image: Bisnis.com


Uji Pasar

Meski menjual resep sambal buatan ibunya, yang tentunya sangat digemari di meja makan keluarganya, hal itu lantas enggak membuat Fira langsung percaya diri 100 persen untuk menjual sambal rumahan tersebut ke pasaran.

Fira justru melakukan uji pasar dengan cara menawarkan produk ke teman-temannya terdekatnya. Gayung bersambut, sambal olahan dengan resep otentik dari ibunya tersebut mendapat respon positif.

Ia pun langsung mulai memasarkannya melalui Instagram. Dikemas di toples plastik, sambal olahan milik Fira pun tumbuh menjadi produk dengan pasar yang solid.
 

Tantangan Mengembangkan Bisnis Rumahan

Menjual sambal olahan, Fira tentunya juga menghadapi tantangan dalam menjalani bisnis. Salah satunya, yakni harga bahan baku cabai yang fluktuatif.

Selain itu, biaya iklan yang cukup mahal untuk sebuah bisnis rumahan juga dirasakan olehnya. Namun, semua itu enggak bisa menghentikan ambisi Fira untuk melakukan ekspansi nih, Be-emers.

Setelah dua tahun, berbagai inovasi produk telah dilakukan dan varian sambal lauk yang ditawarkan pun menjadi lebih beragam. Bahkan, di masa pandemi, ia membuka lebih banyak kesempatan kepada reseller baru untuk bergabung memasarkan produk sambalnya.

Nah, buat kamu yang punya resep masakan rumahan, yuk coba wujudkan jadi ladang cuan baru!

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Di Masa Pandemi Corona