Tren Pola Hidup Sehat, Yuk Intip Peluang Cuan dari Jus Kekinian

Juice Illustration - Canva

Juice Illustration - Canva

Menjaga pola hidup sehat tentunya perlu kamu lakukan nih. Apalagi, kita harus mempunyai daya tahan tubuh yang kuat biar bisa terus beraktivitas dengan baik.

Memang sih, menjalani pola hidup sehat memang terkesan membosankan dan terbatas. Namun, kini pola hidup sehat malah jadi tren lho!

Mulai dari olahraga di minggu pagi saat car free day, hingga mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya serat dan rendah lemak. Bahkan, tren vegetarian/vegan pun mulai banyak dijalani.

Alhasil, tren pola hidup sehat pun bisa jadi peluang cuan yang asyik nih buat kamu coba. Dimulai dari hal sederhana, aneka jus segar buatan rumah bisa kamu coba jadi peluang usaha lho, Be-emers.

Baca Juga: Berminat Bikin Bisnis Vegan dari Rumah? Begini Caranya

Hal itu pula yang dilakukan sama Hamzah Pasaroah. Seperti yang dilansir dari laman Bisnis, usahanya yang bernama “it’s Buah” ini mengusung konsep cold pressed juice. Apa itu?

Beda dari jus pada umumnya, pressed juice ini diproses menggunakan tekanan hidrolik untuk mendapatkan ekstraksi maksimal dari buah dan sayuran segar. Selain itu, jus ini dinilai jauh lebih sehat karena enggak menggunakan gula, air, dan pengawet.

Bahkan, jus buatan rumahan ini lebih kaya nutrisi karena dibuat dari banyak jenis buah dan sayuran. Nah, biar makin menarik dan kekinian, jus buatannya pun dikemas dalam botol berukuran 350 ml.
 

Strategi yang Matang

Didirikan sejak 2012, Hamzah saat itu ternyata belum menguasai secara dalam bisnis yang dijalani. Selain itu, ia pun diketahui belum memahami betul bagaimana cara mengelola tim, marketing, dan sebagainya dalam manajemen bisnisnya.

Bahkan, di tahun pertama, ia sempat nekat membuka enam cabang sekaligus. Sekedar informasi, sebelum memulai bisnis jus dalam kemasan, jus buatannya mengusung konsep cafe.

Namun, di tahun yang sama, ekspansi usahanya itu harus menelan pil pahit karena banyak yang tutup. Bahkan, hal itu cukup mempengaruhi cash flow bisnisnya dan butuh waktu lama untuk bisa pulih kembali lho.

Alhasil, kejadian itu pun memberikan pelajaran yang cukup berharga untuk Hamzah. Selama tiga tahun terakhir, dirinya mulai mempelajari strategi digital marketing dan fokus pada pasar online.

Usaha pun membuahkan hasil yang manis. Bisnis jus yang ia jalani pun kini punya omzet yang makin bertumbuh, bahkan melampaui penjualan secara konvensional seperti sebelumnya.
 

Target Pasar di Tengah Tren Hidup Sehat

Sementara itu, pola hidup sehat semakin membuka peluang bagi “It’s Buah” untuk meraup banyak cuan.

Cold pressed memang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal dari jus biasa. Meski begitu, karena Hamzah menargetkan pasar dengan daya beli tinggi (kelas A) dan masyarakat yang menjalani pola hidup sehat, maka strategi pemasaran produknya pun berhasil dilirik banyak konsumen.

Mampu menjual 300-500 botol jus per hari, penjualan jus milik Hamzah pun kian melonjak. Begitu juga dengan perolehan cuannya.

Diketahui, produk premium It’s Buah mampu terjual dengan keuntungan hingga 70 persen. Sedangkan dulu, penjualan konvensionalnya hanya berhasil cuan sekitar 30 persen.

Adapun, di tahun 2021 ini, pihaknya optimis bisa menjual 1.000 botol per hari. Untuk itu, Hamzah beserta timnya juga tengah melakukan pendekatan dengan angel investor maupun venture capital buat dapat pendanaan tahap awal.

Baca Juga: Tempe Tahu Langka, Ini Alternatif Sumber Protein Sehat untuk Kamu