Berikut Sederet Megatrend di Era Ekonomi Digital

Digital - Canva

Digital - Canva

Selamat datang di era ekonomi digital, Be-emers! Percaya atau enggak, seiring makin canggihnya teknologi, kondisi ekonomi kita pun terus mengalami banyak perubahan.

Buktinya, kini kita sudah mulai terbiasa berbelanja secara online. Bahkan, kita pun melakukan transaksi keuangan hanya lewat jaringan internet, seperti melalui m-banking dan dompet digital.

Begitu juga dengan bisnis yang kamu jalani. Kamu sudah harus siap untuk menghadapi segala tantangan dalam era ekonomi digital nih, Be-emers.

Biar kamu siap dalam menjalani usaha di era digital ekonomi, dikutip dari laman Bisnis, ini sederet megatrend yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Begini Cara Bisnis Ritel Kecil Manfaatkan Teknologi Secara Maksimal
 

Lahirnya Teknologi “No-Code”

Untuk membuat aplikasi atau website, tentunya membutuhkan keahlian khusus seperti “coding”. Namun, ternyata hal itu mulai berubah lho, Be-emers.

Soalnya, sekarang ada revolusi “no-code” nih. Apa itu?

Sesuai namanya, istilah “No Code” memungkinkan siapa saja -terlepas dari pengetahuan pemrograman- untuk membuat aplikasi yang lengkap dengan komponen drag-and-drop dan visual interface lho!

Alhasil, para pelaku usaha pun bisa bikin aplikasi sendiri deh dengan teknologi ini,
 

Kenalan Lebih Dekat sama Bot

Selama ini, fungsi admin maupun customer service sangat penting bagi sebuah usaha. Di sisi lain, hal itu bisa jadi lebih efisien dilakukan dengan teknologi bot.

Nah, teknologi bot ini bisa membantu kamu buat meraih cuan secara efisien dan cukup signifikan nih, Be-emers. Keuntungan menggunakan bot untuk bisnis kamu antara lain:
  • Mendorong penjualan
  • Mengumpulkan prospek
  • Membantu memecahkan masalah pelanggan tanpa interaksi manusia (semakin penting karena semakin banyak konsumen berbelanja online), atau
  • Bahkan, bot bisa digunakan sebagai alat engagement yang menyenangkan untuk mempertahankan target audiens/konsumen.
 

Voice App buat Eksis di Podcast

Terakhir, voice app jadi teknologi yang enggak boleh kamu lewati untuk menghadapi era digital ekonomi. Apalagi, sekarang Podcast lagi tren banget kan?

Bahkan, di Amerika Serikat, pendengar konten audio meningkat hingga dua kali lipat selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir lho!

Eits, mungkin saat ini Podcast jadi wadah yang diminati dan bisa membantu promosi usaha kamu. Namun, bisa jadi, di masa depan nanti bakal ada tren baru lewat teknologi voice app.

Baca Juga: Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Bisnis Kamu