Waduh, 20 Ribu Warteg di Jabodetabek Terancam Tutup! Kenapa Ya?

Like

 

Warteg - Canva

Warteg - Canva


 

Padahal, Warteg Sudah Mendunia Lho!

Sesuai namanya, warteg dipercaya memang berasal dari Kota Tegal, Jawa Tengah. Konon, warteg ini bermula dari banyaknya warga Tegal yang merantau ke Jakarta di tahun 1960-an.

Saat itu, Ibu Kota memang lagi gencar-gencarnya mengelola infrastruktur. Banyaknya pembangunan bikin banyak orang merantau ke Jakarta buat berprofesi sebagai kuli bangunan, termasuk warga Tegal.

Nah, para istri dari pekerja tersebut akhirnya ikut mencari cuan dengan berjualan makanan di sekitar lokasi proyek. Kini, warteg pun sudah menyebar ke banyak wilayah di Jabodetabek, dari daerah perkantoran hingga pemukiman penduduk.

Enggak heran deh, dilansir dari laman Indonesia.go.id, menurut peneliti Rinda Asytuti, fenomena warteg menjadi salah satu bentuk usaha gastronomi dengan skala mikro yang identik dengan wilayah urban. Soalnya, sejak awal eksistensinya, warteg selalu berkaitan dengan perkembangan kaum urban dan kebutuhan perutnya.

Bisnis warteg bahkan sudah mampu bersaing sebagai bisnis franchise (waralaba). Bahkan, bisnis warteg juga sudah mendunia lho!


Kamu juga bisa menemukan warteg di sejumlah negara seperti Malaysia, Korea Selatan, hingga beberapa negara di Eropa nih, Be-emers. Gokil!

Nah, kalau warteg terancam pada tutup, apa yang bakal kamu lakukan, Be-emers?

Tulis di kolom komen yaaaah