VTube Money Game atau Bukan Sih?

Illustrasi - Canva

Illustrasi - Canva

Vtube menjadi salah satu fenomena sepanjang 2020 saat ini. Platform yang ngaku-ngaku sebagai perusahaan iklan itu menjanjikan penggunanya bisa dapat uang hanya dengan menonton video. Dari situ, muncul banyak pertanyaan, sebenarnya Vtube itu money game atau bukan sih?

Sekilas, akan banyak pengguna Vtube yang terkecoh dan menganggap model bisnisnya sah-sah aja. Soalnya, Vtube tidak membebankan biaya pendaftaran sehingga penggunanya tidak merasa dirugikan. 

Namun, bukan berarti para pengguna Vtube tidak akan keluar uang selama bermain di sana. Jadi, Vtube menyediakan deretan iklan yang bisa ditonton oleh para pengguna. Setiap satu iklan yang ditonton, penggunanya mendapatkan 0,3 view point. 

BACA JUGA: Kisah Bernard Madoff, Penipu Ponzi Legendaris di Dunia

Lalu, untuk tahap awal, penggunanya masih mendapatkan misi gratis selama 40 hari ke depan. Setelah itu, pengguna harus MEMBELI misi sesuai dengan tingkatan level yang tersedia 1-6. Perbedaan setiap level adalah biaya yang dikeluarkan serta pengenaan biaya transfer jika ingin mencairkan view point menjadi uang. Lalu, semua misi itu dibeli dengan view point yang dimiliki masing-masing pengguna. 

Dari sini, Be-emers pasti akan nanya, terus bagaimana jika view point tidak cukup untuk beli misi baru di antara 6 level tersebut?

Nah, pengguna Vtube bisa membeli view point tambahan ke sesama pengguna atau menjaring pengguna baru. Jika menjaring pengguna baru, nantinya si pengguna lama akan otomatis mendapatkan view point tambahan setiap aktivitas menonton iklan si pengguna baru. Istilah kerennya tuh downline.
 

Vtube Adalah Money Game?

Bisa dibilang Vtube adalah salah satu money game. Buktinya, model bisnis Vtube tidak jelas. Apakah ada yang pernah iklan di Vtube secara langsung sehingga Vtube bisa mendapatkan uang dan diputarkan untuk menjaring views iklannya? 

Kalau Vtube enggak pernah dapat iklan, lalu bagaimana cara Vtube menghasilkan uang dan memberikan view point ke penggunanya? Jawabannya adalah uang view point yang dicairkan itu berasal dari sesama penggunanya dan transaksi pembelian misi dengan view point. Untuk itu, Vtube mendorong pengguna lama untuk cari pengguna baru agar alur perputaran uangnya tetap aman. 

Bayangin, misalnya kamu mau cairin view point, tetapi enggak ada yang beli lagi karena jumlah pengguna tidak tumbuh. Terus, jumlah pembeli misi lewat view pointnya juga berkurang, berarti bisa jadi Vtube tidak bisa memberikan bonus view point lagi. Terus usaha dan modal yang keluar buat naikin level bisa nyangkut kan? 

Apalagi, Satgas Waspada Investasi juga sudah menetapkan Vtube sebagai entitas ilegal pada Juni 2020 silam. 

Nah, buat penjelasan lebih detailnya, Be-emers bisa nonton di channel Youtube Bisnis Muda di sini ya: