Banyak Diminati, Gimana Sih Cara Mulai Bisnis Franchise?

Franchise - Canva

Franchise - Canva

Kamu pasti sering melihat sebuah brand usaha yang tersebar di sejumlah wilayah kan, Be-emers? Bahkan, brand tersebut sudah menyebar hingga ke berbagai kota dan negara.

Umumnya, kita berpikir, hal itu merupakan cabang usaha. Namun, enggak semuanya seperti itu lho, Be-emers.

Bisnis yang tersebar di berbagai wilayah itu bisa jadi merupakan bagian dari bisnis waralaba atau yang dikenal sebagai franchise.

Misalnya, brand Taco Bell. Restoran cepat saji yang menyajikan aneka menu taco itu merupakan sebuah bisnis franchise yang berasal dari Amerika Serikat lho.

Bisnis yang didirikan oleh Greg Bell sejak 1962 ini sudah tersebar di sejumlah negara. Salah satunya di Indonesia, sejak Desember 2020 lalu.

Bahkan, eksistensi Taco Bell mampu menjadikannya sebagai waralaba terbaik di tahun 2021 versi Entrepreneur Franchise 500 nih, Be-emers. 

Jadi bagian dari Yum! Brands Inc., seperti yang dilansir Food Business News, Taco Bell berhasil mencatatkan pendapatan US283 juta hingga 30 September 2020. Angka tersebut naik 11 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di satu sisi, menjalani bisnis waralaba juga kerap jadi pilihan alternatif nih. Terutama, buat kamu yang mau mulai berbisnis, tapi masih bingung dengan ide, konsep, dan minim pengalaman mendirikan usaha.


Nah, sebenarnya apa sih bisnis franchise itu?

Yuk, kita lihat di halaman selanjutnya!