Pelajaran Finansial dari Film Thailand ATM: Er Rak Error

Like

 

Sua dan Jib - Image: Pinterest

Sua dan Jib - Image: Pinterest

 

Menentukan Rencana Finansial dengan Pasangan sebelum Menikah

Dalam film ATM: Er Rak Error, Sua dan Jib dikisahkan sebagai sepasang kekasih yang menjalin hubungan secara diam-diam alias backstreet di kantor mereka.

Soalnya, dalam peraturan perusahaannya, dilarang saling menjalin percintaan dengan rekan kerja nih, Be-emers. Alhasil, selama bertahun-tahun, Jib dan Sua pun harus saling mengatur strategi untuk bisa makan malam bersama atau sekedar jalan bareng.

Apalagi, Jib memiliki jabatan yang lebih tinggi daripada Sua di perusahaan tersebut. Hal itu pun akhirnya menimbulkan masalah baru buat hubungan mereka.

Saat keduanya merencanakan untuk menikah, Sua dan Jib harus memutuskan salah satu di antara mereka untuk resign dari perusahaan tersebut.

Jib yang merasa jabatan dan keuangannya sudah stabil, meminta Sua untuk mengalah dan mencari pekerjaan di tempat lain. Sedangkan Sua, merasa bahwa ia yang akan menjadi kepala keluarga dan harus mempertahankan pekerjaannya.


 

Sua dan Jib dalam film ATM Error - Image: Pinterest

Sua dan Jib dalam film ATM Error - Image: Pinterest



Baca Juga: Hindari Hal Ini saat Merencanakan Biaya Pernikahan dengan Pasangan

Di kehidupan nyata, problematika pasangan yang ingin menikah memang cukup menarik nih untuk diperhatikan. Bukan hanya soal pesta, kamu dan calon pasangan juga perlu merencanakan banyak hal secara matang, termasuk soal finansial.

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada sejumlah tips finansial yang bisa kamu lakukan bersama pasangan, antara lain:
 

Jujur dan Transparan Soal Kondisi Keuangan

Ingat ya, ketika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah, maka kalian sudah harus sepakat untuk selalu bersikap transparan dalam segala hal, termasuk urusan keuangan. Ceritakan dengan jujur kondisi keuangan masing-masing, penghasilan, pengeluaran, hingga utang.
 

Tentukan Tujuan dan Tugas Keuangan

Dalam hal finansial, kamu dan pasangan juga perlu untuk menentukan tujuan bersama. Misalnya, tujuan untuk menentukan tempat tinggal, investasi, asuransi, hingga rencana lain setelah menikah nanti.

Selain itu, setelah maupun sebelum menikah, kamu dan pasangan harus membicarakan pembagian tugas untuk pengaturan kas keluarga, tabungan bersama, dan hal-hal lain.
 

Punya Perjanjian Pranikah

Perjanjian ini sering disebut sebagai perjanjian pisah harta. Dengan adanya perjanjian ini maka harta dan utang yang didapat selama masa pernikahan adalah milik masing-masing.

Namun, kalau enggak ada, maka harta dan utang yang didapat selama masa pernikahan adalah milik bersama.

 

Sua dalam film ATM

Sua - film ATM Error - Image: Pinterest





Gimana, sudah siap menjalani kehidupan baru dengan pasangan kamu?

Biar akhir pekan kamu ceria, kamu bisa nih menonton film ATM: Er Rak Error di sejumlah platform video on demand. Selamat menonton!