Bakal Gantikan Jeff Bezos, Ini Tantangan yang Harus Dihadapi Andy Jassy sebagai CEO Amazon

Like

 

Jassy & Jeff - Pinterest

Jassy & Jeff - Pinterest


Mengembangkan Amazon Web Services

Selama ini, Amazon dikenal sebagai e-commerce. Namun, di balik semua itu, ternyata bisnis Amazon Web Services (AWS) yang menghasilkan uang paling banyak bagi perusahaan itu lho, Be-emers!

Di tahun 2020, sekitar 60 persen dari total keuntungan Amazon berasal dari AWS.

Diketahui, AWS masih menjadi penyedia layanan komputasi awan No. 1, meski harus menghadapi persaingan yang terus meningkat. Terutama dari Microsoft, yang secara agresif berusaha menjual kontrak besar kepada bisnis dan pemerintah.

Menurut Kepala Studi Ritel di Columbia University’s Graduate School of Business, Mark Cohen, baik layanan ritel dan komputasi awan sama-sama "sangat penting" bagi Amazon. Namun, ia yakin ada lebih banyak peluang untuk layanan awan milik Amazon.
 

Ancaman Ritel Amazon

Memang sih, selama ini Amazon punya banyak ruang untuk berkembang dalam bisnis e-commerce. Meski begitu, Amazon tetap harus bersaing dan menghadapi ancaman dari pelaku e-commerce besar lainnya, seperti Walmart.


Walmart diketahui tengah berencana membangun gudang di tokonya, yang mana terdapat robot yang dapat mengemudi sendiri dan akan mengambil bahan makanan serta menyiapkannya untuk diambil pembeli dalam waktu satu jam.

Eits, tenang, keunggulan Amazon tetap belum bisa tertandingi nih, Be-emers. Amazon telah menguasai 40 persen pembelian online di AS pad 2020. Sedangkan Walmart meraih posisi kedua dengan perolehan 5,8 persen.
 

Jeff Bezos Tetap Jadi Pemegang Saham Terbesar Amazon

Tantangan lainnya untuk Jassy yaitu Jeff Bezos sendiri lho, Be-emers. Soalnya, pria bernama asli Jeffrey Preston Bezos itu merupakan pemegang saham terbesar dari Amazon.

Diketahui dari Investopedia, orang terkaya di planet Bumi tersebut menguasai 55,5 juta saham atau setara 11,1 persen dari saham yang beredar. Di sisi lain, meski enggak jadi CEO Amazon, Bezos bakal fokus pada produk dan inisiatif baru dari tempat kedudukannya sebagai ketua eksekutif.

Nah, kalau kata Profesor Georgetown University’s McDonough School of Business, Jason Schloetzer, ketegangan bisa saja terjadi ketika seorang CEO pindah ke dewan dan masih memiliki andil dalam bisnis tersebut. Makanya, supaya berhasil, Amazon harus menyusun peran sehingga mereka enggak saling menginjak kaki satu sama lain nih, Be-emers.

Menurut kamu, apa lagi tantangan yang bakal dihadapi sama Andy Jassy saat menajdi CEO Amazon nanti?