QR Code Masih Efektif Dipakai Buat Bisnis Kamu Enggak Sih?

Like

 

QR Code - Canva

QR Code - Canva

 

Keunggulan dan Risiko Pemakaian QR Code

Kalau dibandingkan sama barcode konvensional, QR Code ternyata punya sejumlah fitur unggulan nih, Be-emers. Salah satunya yaitu kapasitas memori.

Jika barcode konvensional mempunyai kemampuan penyimpanan data hanya 20 digit, QR Code mampu menyimpan beberapa ribuan informasi.

QR Code bisa menyimpan semua type data, seperti numerik atau alphanumerik (bahkan kanji, kana, hiragana), symbol, binary, dan control code sampai dengan 7.089 karakter hanya dalam satu symbol QR Code. Adapun, karakter Numerik maksimum dapat disimpan 7.089 karakter.

Selain itu, QR Code juga enggak gampang cacat. Jadi, misalnya kamu mencetak QR COde dan mengalami cacat fisik sampai 30 persen, QR Code-nya masih bisa dibaca lho!

Apalagi, penggunaan QR Code di sejumlah negara semakin masif. Data The New York Time menunjukkan, lebih dari 90 persen pembayaran seluler di China -yang dilakukan di WeChat dan AliPay, mengandalkan dompet digital dan kode QR.


Meski begitu, penggunaannya juga menimbulkan pertanyaan tentang privasi, pengawasan, dan kontrol sosial dalam beberapa tahun terakhir nih, Be-emers.

Misalnya nih, selama pandemi, pemerintah China menggunakan kode QR untuk melacak status kesehatan warganya. Hal itu jelas akan berpengaruh terhadap privasi warga.

Di satu sisi, QR Code ternyata pernah menjadi “bahan ejekan” di Amerika Serikat lho! Soalnya, penggunaan QR Code di AS makin “random”, misalnya kayak di sepatu bot, hingga di kuburan!

Sementara itu, QR Code juga punya ancaman potensi keamanan. Soalnya, secara kasat mata, kita enggak bisa menguraikan info yang ada dalam QR Code.

Nah, dari situ lah, ada potensi fraud atau scam yang bisa disalahgunakan untuk tindak kriminal. Scam bakal berusaha mengarahkan kamu ke situs “jebakan” yang bisa merugikan kamu.

Makanya, buat para pengguna QR Code harus selalu waspada ya jika ingin menggunakan QR Code, terutama untuk bisnis. Soalnya, QR Code yang bermasalah bisa merugikan bisnis kamu juga nih, Be-emers.

Jadi, kamu berencana untuk menggunakan QR Code buat efisiensi kebutuhan marketing bisnis kamu enggak?

Baca Juga: 
Tren Tutup Gerai, Swalayan Lokal Ini Malah Tetap Eksis dan Dikenal Murah! Mana yang Paling Hemat?