Indomie-Sarimi-Supermi VS Mie Sedaap-Mie Suksess, Kenapa Produsen Mi Instan Punya Banyak Brand?

Like

Instan Noodle Illustration - Canva

Instant Noodle Illustration - Canva



Mie Sedaap dan Mie Suksess: Kakak Beradik Mi di Keluarga Wings Food

Berdiri dengan nama Fa Wings di tahun 1949, perusahaan tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Wings Group nih, Be-emers.

Didirikan oleh Harjo Sutanto dan kawannya, Ferdinand Katuari, saat itu, mereka memproduksi sabun colek homemade. Laku di pasaran, kemudian mereka mengubah nama Fa Wings menjadi Wings Surya di tahun 1991.

Perusahaan asal Jawa Timur tersebut pun akhirnya merambah sektor makanan dan minuman nih, Be-emers. Salah satunya yakni di industri mi instan.

Setelah selama bertahun-tahun pasar mi instan dikuasai oleh produk Indofood, Wings Group akhirnya memberanikan diri untuk meluncurkan mi instan pertamanya yakni Mie Sedaap.


Di tahun 2003, Mie Sedaap mulai diluncurkan ke pasaran di bawah naungan Wings Food. Kehadiran Mie Sedaap jelas menjadi pesaing Indomie, Supermi, dan Sarimi.

Apalagi, Mie Sedaap pernah mendapatkan pengakuan ISO 22000 lho, Be-emers.

Memang sih di tahun 2016, berdasarkan data Bloomberg, Mie Sedaap masih berada di posisi kedua yang menguasai pangsa pasar mi instan domestik, dengan perolehan 17, 2 persen. Sedangkan di posisi pertama, masih dikuasai sama Indofood, dengan peroleh 70,7 persen nih, Be-emers.

Meski begitu, berdasarkan nilai Compound Annual Growth rate (CAGR) selama periode 2003-2013, Mie Sedaap sempat mengalahkan mi instan produksi Indofood dengan mencatatkan nilai pertumbuhan hingga 26 persen.

Nah, enggak cukup sampai di situ. Wings Food juga akhirnya mengeluarkan produk mi instan lainnya, yakni Mie Suksess di tahun 2015.

Kalau dari segmentasi pasarnya sih, sepertinya Mie Suksess ini bakal jadi saingannya Sarimi nih, Be-emers. Soalnya, Mie Suksess juga punya produk mi instan yang berisi dua porsi dalam satu kemasan.

Di sisi lain, sama halnya kayak Indomie, Mie Sedaap telah menjadi produk unggulan di ranah ekspor lho. Meski Indomie masih mendominasi pasar ekspor, Mie Sedaap juga telah diekspor ke sejumlah negara seperti Malaysia dan Nigeria.

Nah, kamu tim mi instan merek apa nih, Be-emers?