The White Tiger: Realita dan Anomali Meraih Kesuksesan

The White Tiger - Image: Netflix

The White Tiger - Image: Netflix

Like

India memang terkenal dengan film-film Bollywood yang romantis dan penuh intrik. Namun, negara yang mayoritas beragama Hindu ini juga kental dengan kasta-kasta yang melekat di masyarakat.

Seperti yang kita tahu, dalam sebuah kasta, ada kaum yang paling tinggi dan yang paling rendah. Memang sih, kata ‘Kasta’ sendiri berasal dari bahasa Portugis (caste), yang memiliki arti ras atau suku.

Dalam The Caste System of India, istilah “Kasta” kemudian digunakan oleh para bangsa Portugis di abad ke-16 untuk mendeskripsikan pembagian kerja masyarakat India. Adapun, dalam Weda, tingkatan sosial hanya menjelaskan pembagian kerja (Varna).

Namun, kasta yang ada di kehidupan sosial masyarakat India sepertinya sudah melekat kuat. Hal itu lah yang juga tergambar di sejumlah film, salah satunya yakni The White Tiger.

Film yang sudah tayang di Netflix sejak Januari 2021 ini mendapat banyak sorotan nih, Be-emers.


Disutradarai oleh Ramin Bahrani, yang berdarah Iran-Amerika, film The White Tiger mengisahkan perjuangan sosok pria India bernama Balram halwai (diperankan Adarsh Gourav), yang berasal dari kasta atau kelas bawah.

Baca Juga: Hal Sederhana dalam Film Kopi dan June yang Penting Bagi Kehidupan Sehari-Hari Kamu
 

Dilema Realita dan Mimpi Balram

Sedari kecil. Balram adalah anak yang cukup rajin belajar, baik hati, bahkan gemar menabung lho, Be-emers. Ia pun cukup mahir dalam pelajaran bahasa Inggris.

Sayangnya, Balram harus menerima nasibnya sebagai kaum kelas bawah. Ia pun terpaksa harus berhenti sekolah karena kemiskinan.

Kondisi keluarga Balram menuntutnya untuk mencari nafkah. Balram yang seharusnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kini harus bekerja sebagai pelayan dan tukang arang.

Memang sih, kadang ekspektasi dan realita suka bertolak belakang. Namun, enggak ada salahnya juga untuk punya mimpi dan berjuang memperbaiki nasib kan, Be-emers?

Balram enggak berdiam diri dan pasrah. Ia pun juga menambah skill dengan belajar menyetir mobil.

Siapa sangka, hal itu bikin Balram menemukan peluang dan tantangan baru, yakni dengan menjadi supir. Di satu sisi, Balram mulai masuk dalam “circle” orang-orang kaya.

Di situ lah, ia mulai bertemu dengan anak majikannya yaitu Ashok (Rajkummar Rao) dan Pinky (Priyanka Chopra-Jonas). Meski kedua pasangan tersebut lebih “berpikiran maju” karena menempuh pendidikan di Amerika, tapi tetap saja, kasta yang melekat dalam kehidupan sosial India sulit untuk lepas begitu saja.

Keluarga Ashok yang merupakan pengusaha ternama, memang sempat membuat Balram terkagum dan berpikir bagaimana caranya agar bisa sesukses mereka. Di sisi lain, “kebusukan” keluarga majikannya itu membuka mata Balram.

Kekuasaan, hingga korupsi ia saksikan dengan mata kepalanya sendiri. Belum lagi, Balram rupanya harus menelan pil pahit karena dijadikan ‘kambing hitam’ dan dikhianati.

Balram pun berpikir, cara licik sepertinya bisa membuatnya merubah nasib. Hingga pada akhirnya, kerja keras Balram pun menjadikan ia berada di titik yang diimpikan: menjadi seorang bos!

Eits, tapi, kalian enggak perlu meniru apa yang dilakukan majikan Balram yang ada di film The White Tiger. Pelajaran yang bisa kamu ambil adalah, kamu harus bisa yakin dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan hasil terbaik serta meraih mimpi-mimpi kamu nih, Be-emers!

Adapun, The White Tiger merupakan film yang diangkat dari novel terlaris global lho!

Jadi, sudah melakukan hal apa hari ini untuk mewujudkan mimpi kamu, Be-emers?

Buat kamu yang punya rekomendasi film, yuk share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!

Tonton juga trailernya di sini