Jangan Sombong! Orang Kaya Sungguhan Enggak Beli Barang-Barang Ini

Rich Man - Canva

Rich Man - Canva

Like

Bergelimang harta, naik mobil mewah, tas branded, hingga fasilitas lain yang serba “mevvah” memang sering jadi ciri-ciri orang tajir alias kaya raya. Eit, tapi memang benar begitu ya?

Coba deh, kamu lihat salah satu legenda pengusaha sukses Indonesia, yakni Bob Sadino. Pemilik Kem Chicks, Kem Foods, dan Kem Farms itu bahkan terkenal dengan gayanya yang simple dengan memakai celana pendek.

Enggak hanya itu, penguasa sekaligus investor kenamaan, Warren Buffett bahkan sempat bertahan dengan ponsel dan mobil “jadul” lho!

Baca Juga: Dinilai Unik, Yuk Intip Hidup Hemat ala Warren Buffett

Kenapa begitu ya?


Soalnya, dilansir dari Bisnis, orang yang beneran kaya punya gaya hidup yang terstruktur dan terorganisir. Sehingga, mereka bakal lebih bisa menahan diri untuk enggak beli barang-barang yang dinilai enggak terlalu berharga.

Bahkan, orang kaya sungguhan itu cenderung cukup kalkulatif dalam membelanjakan uang mereka buat beli barang mewah. Makanya, kondisi keuangan mereka juga tetap stabil kan?

Jadi, sebenarnya orang kaya sungguhan itu paling anti beli barang apa aja sih?
 

Barang Impulsif dan Enggak Awet

Memang sih, kalau kamu tajir, kamu bebas buat beli barang apapun. Namun, kalau orang tajir sungguhan, bakal sadar kalau pembelian impulsif adalah salah satu alasan mengapa saldo kredit mencapai titik terendah sepanjang masa.

Meski begitu, beli barang mewah juga enggak salah kok, Asalkan, barang mewah tersebut merupakan barang yang dibutuhkan.

Terpenting, barang tersebut juga harus awet! Misalnya, orang kaya bakal beli tas atau sepatu branded karena bahannya berkualitas dan terjamin bakal awet.
 

Beli Rumah dengan Harga Tinggi

Rumah mewah memang jadi impian banyak orang. Namun, tahu enggak sih? kalau kamu berinvestasi rumah dengan anggaran yang berlebihan, hal itu malah bukan hal yang cerdas lho!

Pertama, kamu bakal jadi lebih boros dari segi perawatan, hingga pajak rumah. Selain itu, kalau kamu mau jual lagi suatu saat nanti, harganya sudah kemahalan dan lama terjual.
 

Punya Banyak Kartu Kredit

Orang kaya sungguhan itu enggak punya banyak kartu kredit, Be-emers!  Soalnya, hal itu cuma bikin tagihan jadi bertambah juga.

Apalagi, orang tajir itu paling anti banget terlambat bayar denda. Di satu sisi, berinvestasi hanya pada satu rekening bank dinilai lebih mudah daripada harus punya beberapa rekening bank.

Baca Juga: Bukan Pelit, Begini Cara Hemat yang Asyik Biar Cepat Tajir!

Jadi, yakin barang branded yang kamu punya sudah bikin kamu kelihatan tajir?


Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!