Bukan Pelit, Begini Cara Hemat yang Asyik Biar Cepat Tajir!

Saving Money - Canva

Saving Money - Canva

Like

“Hemat pangkal kaya”


Peribahasa itu sudah sering banget dong kamu dengar?

Bukan sekedar kata-kata, hal itu memang benar adanya kok! Soalnya, hidup yang boros justru malah akan menyulitkan keuangan kamu. Alhasil, bukannya tajir, kamu malah jadi “Sobat Misqueen” deh.

Memang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk jadi kaya. Pola hidup hemat adalah salah satunya.

Namun, apakah menjadi hemat itu artinya kamu jadi pelit? Tentu enggak dong!

Dikutip dari laman Bisnis, ini cara berhemat yang asyik biar kamu cepat tajir.


Baca Juga: Kiat Berhemat Selama Pandemi


Hemat Pengeluaran Kebutuhan Rumah Tangga
Tanpa kamu sadari, pemborosan itu bukan cuma datang dari hobi belanja nih. Pengeluaran rumah tangga yang enggak beres juga bisa membuat kamu boros lho!

Hal-hal seperti penggunaan listrik, air, telepon, AC, dan sebagainya, juga harus digunakan seefisien mungkin. Jika tidak terpakai, usahakan untuk enggak lupa mematikannya saat kamu sedang berada di luar rumah.
 

Bijak dalam Melihat Diskon

Kata “diskon” adalah kata yang menggiurkan dan menguji diri. Harga produk yang dijual lebih murah akan membuat kamu tergoda untuk membelinya.

Meski kesannya pengeluaran jadi lebih hemat dengan barang yang kena diskon, tapi hal itu justru bisa membuat kamu lebih boros. Soalnya, kalau kamu membeli produk yang diskon dengan jumlah berlebih karena murah, kamu justru akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk hal yang sebetulnya enggak diperlukan.
 

Menawar Barang dan Cari Promo Cashback

Ketika kamu pergi ke pasar tradisional, pastinya kamu akan terbiasa melihat orang melakukan sistem tawar-menawar. Hal itu wajar kok.

Tenang, kamu enggak perlu malu untuk melakukannya, Jangan berpikir kalau tawar-menawar itu berarti pelit ya! Hal itu malah bisa melatih kamu untuk jadi lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang.

Selain itu, kamu juga bisa cari promo cashback nih untuk berhemat. Cashback bisa sangat berguna untuk pembelian berikutnya lho! Jadi, kamu lebih irit deh ketika berbelanja.
 

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kalau kamu memang merasa belum mampu mengatur keuangan dengan bijak, sebaiknya hindari untuk menggunakan kartu kredit ya! Soalnya, sering banget orang enggak menyadari kalau penggunaan kartu kredit itu adalah utang yang harus dibayar.

Kalau kamu gampang belanja tanpa memikirkan harganya, penggunaan kartu kredit hanya akan membuat kamu jadi  pembelanja impulsif dan enggak sadar akan tunggakan yang harus dibayar nanti.
 

Diversifikasi Investasi

Melakukan investasi adalah salah satu “jalan ninjamu” untuk menjadi hemat nih, Be-emers. Nah, lebih bagus lagi kalau kamu juga melakukan diversifikasi investasi.

Soalnya, diversifikasi investasi bisa jadi ide cerdas karena akan mengamankan kamu di masa depan. Berinvestasi di pasar ekuitas, pasar riil, atau reksa dana adalah cara cepat untuk mengelola keuangan pribadi secara mandiri lho!

Baca Juga: Beli Barang Branded Bisa untuk Investasi?