Ingin Jadi Franchisee Sukses? Ini Tipsnya!

ilustrasi toko franchise (Sumber gambar : Freepik)

ilustrasi toko franchise (Sumber gambar : Freepik)

Banyak orang bekerja sebagai professional, seperti teknisi, banker, penulis dan lainnya. namun diluar itu, sebagaian orang juga memiliki usaha untuk mendapatkan passive income dalam hidupnya.

Tak jarang pula, sebagaian orang memilki usaha franchise dari suatu produk yang sudah ternama.

Jika kalian baru bergabung dengan yang namanya bisnis franchise atau waralaba, kalian harus memiliki strategi, semangat dan terus belajar saat membuat kesalahan.

Pemilik franchise juga akan membantu kalian untuk menghindari berbagai kesalahan. Nih, berikut tips bagi kalian yang mau mulai bisnis Frinchise:
 

Pastikan Kalian Punya Cukup Uang

Tentukan berapa banyuak dana yang harus kalian investasikan untuk membuka franchise tersebut. Seberapa besar kalian bersedia ambil risiko dan berapa banyak yang biaya yang kalian perlukan untuk hidup setidaknya selama 1 tahun.

Buat keputusan dengan cermat dan rasional tentang membeli franchise atau waralaba.
 

Ikuti Sistemnya

Terkadang pemilik franchise sering kali mengubah, menambah atau memodifikasi produk, iklan, jam kerja, layanan, dan kualitas serta konsistensi yang diberikan lisensi kepada mereka.

Hal ini melanggar perjanjian franchise dan membahayakan franchise kalian nih. Ikuti sistem yang kalian lakukan, maka itu menjadi cara untuk melindungi investasi kalian.
 

Jangan Mengabaikan Kelarga dan Teman Kalian

Bersiaplah untuk bekerja berjam-jam, tetapi pastikan selalu ada waktu untuk keluarga dan teman kalian.

Izinkan keluarga dan teman kalian berbagi dalam kehidupan kalian. Karena mereka bagian dari support system usaha kalian.
 

Jadilah Pewaralaba yang Antusias

Keberhasilan sebuah bisnis tak leas dari tingkat antusiasme kalian serta para karyawan. Antusiasme akan membawa tingkat kegembiraan dan energi positif yang dapat dirasakan semua orang termasuk konsumen dan pegawai kalian.
 

Rekrut yang Terbaik dan Perlakuka Mereka dengan Hormat

Keluhan yang sering terjadi adalah sulit menemukan sumber daya manusia yang dipercaya menjaga gerai franchise. Bila menemukannya, bersikaplah dengan adil.

Perlakukan karyawan dengan hormat. Buat hari kerja karyawan kalian yang selalu menantang. Kemudian, tinjau kinerja mereka, jika bagus, lakukan kenaikan gaji atau bonus.
 

Ajari Karyawan Kalian

Selalu buat pelatihan berkelanjutan untuk karyawan kalian. Karyawan merupan garis depan dalam usaha kalian. Beri tahu kepada pemilik franchise jika kalian membutuhkan pelatihan tambahan.

Manfaatkan peluang latihan, baik ditawarkan pemilik franchise atau oleh asosiasi perdagangan dan sumber lainnya.
 

Berikan Layanan terbaik Kepada Pelanggan

Kalian harus dapat membuat konsumen tersenyum. Beri tahu konsumen bahwa kalian senang saat mereka memilih bisnis kalian. Terlibat dalam komunitas, misalnya mensponsori tim Liga Kecil, dukung kelompok pemuda dan komunitas lainnya.
 

Tetap Berhubungan dengan Pemilik Walaba Kalian dan Waralaba Lainnya

Tetap jalin komunikasi baik dengan pemilik franchise. Berkomunikasi juga dengan penerima franchise lain dengan berpartisipasi dalam asosiasi pemilik franchise atau waralaba.
 

Perhatikan Detailnya

Perhatikan setiap detail bisnis franchise kalian. Ketelitian dan ketekunan akan mendantangkan uang bagi hidupn kalian serta membuat usaha kalian menjadi sukses nantinya.
 

Minimalkan Biaya dan Maksimalkan Penjualan

Waspadai penyusutan atau barang dagangan yang hilang atau tidak ditemukan. Buatlah jadwal waku kalian dan jadilah pengusaha franchise bijak.

Baca Juga: Apakah Kamu Cocok Punya Usaha Franchise? Cek Tipe dan Karakternya di Sini