Layanan Streaming Musiknya Bakal Diakuisisi Square, Kekayaan Rapper Jay-Z Melonjak

Jay-Z - Pinterest

Jay-Z - Pinterest

Like

Kabar menghebohkan datang dari dunia musik dunia nih. Layanan streaming milik musisi rap Jay-Z, yakni Tidal, dikabarkan bakal diakuisisi oleh Square lho, Be-emers.

Square yang merupakan perusahaan pembayaran seluler itu, diketahui dari The New York Times, berencana untuk mengakuisisi mayoritas saham Tidal.

Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan milik Jack Dorsey itu sebesarUS$297 juta. Dengan diakuisisinya layanan streaming musik tersebut, Jay-Z juga bakal bergabung dengan dewan Square lho!

Sejak bulan lalu, Dorsey, yang juga merupakan kepala eksekutif Twitter, diketahui telah mengumumkan bahwa dia dan Jay-Z memberikan kepercayaan Bitcoin untuk mendukung pembangunan di India dan Afrika.

Bahkan, menurut salah satu eksekutif Square, yakni Jesse Dorogusker, Dorsey dan Jay-Z mulai membahas akuisisi beberapa bulan yang lalu. Mereka pun menemukan tujuan yang sama.


Nantinya, Square, yang didirikan pada tahun 2009 itu bakal menawarkan alat keuangan untuk membantu artis Tidal mengumpulkan pendapatan dan mengelola keuangan mereka.

Buat kamu yang belum tahu, enggak hanya Jay-Z, Tidal juga dimiliki oleh musisi lain seperti Beyonce dan Rihanna. Tidal, yang dibeli Jay-Z dalam kemitraan dengan artis lain pada 2015 seharga US$56 juta, memberi anggotanya akses musik, video musik, dan konten eksklusif dari para musisi.

Baca Juga: Pengguna Streaming Musik Tinggi, Platform Ini Bisa Bantu Promosi Musisi Lokal Lho!
 

Kekayaan Jay-Z Melonjak

Di satu sisi, pengumuman rencana akuisisi itu hanya kurang dari dua minggu setelah Jay-Z mengungkapkan kalau dirinya menjual 50 persen dari perusahaan champagne miliknya, yakni Armand de Brignac ke LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton.

Hal itu dilakukan di tengah penurunan dalam industri hiburan akibat pandemi, yang notabene telah mempengaruhi beberapa kepemilikan Jay-Z.

Rapper yang kini telah menjadi miliarder dunia tersebut memang telah menandatangani kesepakatan untuk menjual saham mayoritas di perusahaan streaming musik Tidal ke Square milik Jack Dorsey.

Dengan begitu, Forbes memprediksi kalau Jay-Z meraup US149 juta dalam bentuk tunai dan saham.

Seiring dengan akuisisi Tidal dan penjualan perusahaan champagne miliknya, Forbes melaporkan kalau kekayaan bersih Jay-Z melonjak hingga 40 persen lho, Be-emers!
Kedua kesepakatan tersebut membantu meningkatkan kekayaan miliarder hip-hop pertama itu menjadi US$1,4 miliar.

Sebenarnya, ini masih permulaan lho, Be-emers. Bisnis Jay-Z yang beragam dan berkembang telah mencakup sisa 50 persen saham di Armand de Brignac seharga US$300 per botol. Selain itu, juga ada D’Usse cognac dan sekumpulan startup, seperti Ethos dan Sweetgreen.

Jay-Z juga diketahui punya hak cipta sebagian dari musiknya sendiri. Bersama istrinya, yakni Beyonce, ia punya rumah mewah bernilai jutaan dolar dan koleksi seni yang terus bertambah.

Dikutip dari Forbes, berikut sumber harta dan kekayaan Jay-Z:
  • Cash & Investments: US$425 juta
  • Armand de Brignac: US$320 juta
  • Roc Nation: US$140 juta
  • D’Usse: US$120 juta
  • Music Catalog: US$95 juta
  • Art Collection: US$70 juta
  • Real Estate: US$50 juta

Wah, musik memang sudah jadi bagian dari hidup Jay-Z. Namun, mencoba hal di luar zona nyaman seperti berbisnis, membuatnya bisa meraup banyak peluang cuan.

Kamu sudah keluar dari zona nyaman dan mengeksplorasi diri belum, Be-emers?

Baca Juga: 
Begini Caranya Agar Tetap Meraih Cuan Lewat Bermusik di Masa New Normal



Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!