Inspiratif! Ini CEO Wanita yang Berhasil Pimpin Perusahaan Besar Dunia

Like

Karen Lynch - Pinterest

Karen Lynch - Pinterest

 

Karen Lynch: CEO Wanita No.1 dalam Fortune 500 Tahun 2020

Di tahun 2020, nama Karen S. Lynch berhasil mencuri perhatian karena tercatat menjadi CEO Wanita nomor satu dalam Fortune 500.

Karen merupakan CEO dari CVS Health, perusahaan asuransi dan penyedia layanan kesehatan terbesar di dunia. Dilansir dari laman CVS Health, Karen telah berpengalaman lebih dari tiga dekade dalam industri perawatan kesehatan lho!

Sebelum jadi CEO, Karen merupakan Wakil Presiden Eksekutif CVS Health dan Presiden Aetna. Selain itu, Karen juga sempat bergabung untuk memimpin Cigna dan magellan Health Service.

Dikutip dari laman Fortune, Lynch menjelaskan kalau tugasnya yakni membawa misi untuk membentuk kembali perawatan kesehatan dengan menangani setiap momen kesehatan yang berarti dalam kehidupan seseorang.

Wanita lulusan Boston University itu pernah dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Becker College pada tahun 2015. Di tahun 2019, Karen pun masuk dalam daftar 100 Orang Bertransformasi Bisnis Terbaik dari Business Insider.


Enggak cukup sampai di situ, di tahun 2020, ia menerima dua penghargaan sekaligus yakni The World’s 100 Most Powerful Women versi Forbes dan CEO Wanita dalam daftar perusahaan Fortune 500.

Bahkan, selama lima tahun terakhir, yakni tahun 2016-2020, Karen masuk dalam daftar Fortune 50 Most Powerful Women in Business. Wah, Karen memang keren banget!
 

Julie Sweet: Fortune Most Powerful Women 2020

Tahun 2020 bisa dibilang jadi milik Julie Sweet sebagai CEO dan bisnis raksasa layanan profesional. Julie pun terpilih sebagai wanita nomor satu dalam daftar Fortune Most Powerful Women 2020 lho!

Fortune mencatat, perusahaan yang dipimpin Julie telah meraih pendapatan US$44,3 miliar dengan kenaikan laba 7 persen dari tahun sebelumnya. Enggak cuma itu, kapitalisasi pasar perusahaan yang dipimpinnya juga enggak tertandingi sama perusahaan lain.

Julie Sweet merupakan CEO dari perusahaan jasa profesional multinasional bernama Accenture. The New York Time mencatat, Julie telah menjadi salah satu wanita terkuat di dunia korporasi Amerika Serikat.

 

Julie Sweet - Pinterest

Julie Sweet - Pinterest



Wanita lulusan Columbia Law School ini sebelumnya sempat bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum, yakni Cravath, Swaine & Moore., selama kurang lebih 17 tahun. Dalam catatan “Julie Sweet to Run Accenture, Adding a Woman to the Ranks of Corporate”, Julie merupakan wanita kesembilan yang pernah menjadi partner di firma tersebut lho!

Sejak awal karirnya di Accenture, dia bertugas di komite manajemen global perusahaan. Bersamaan dengan CEO Accenture saat itu, Pierre Nanterme, Julie mengembangkan strategi merger dan akuisisi Accenture.

Di tahun 2019, saat ia diangkat menjadi CEO Accenture untuk pertama kalinya, wanita kelahiran 1966 itu menjadi CEO wanita ke-15 dari semua perusahaan dalam daftar Fortune 500 dan dinobatkan sebagai CEO teratas untuk keberagaman oleh Comparably.

Soalnya, selama memimpin, Julie mendukung tujuan Accenture untuk memiliki staf yang diwakili secara setara oleh pria dan wanita. Julie juga elah menyerukan untuk mengatasi kesenjangan keterampilan di AS.

Adapun, selain di Accenture, Julie pun menjabat sebagai dewan direksi untuk Catalyst, sebuah organisasi nirlaba, dan Dewan Eksekutif di TechNet.

Sementara itu, di tahun 2021 ini, dilansir dari The Wall Street Journal, penunjukan Lauran Hobart sebagai CEO baru Dick’s Sporting Goods Inc. telah membawa jumlah wanita yang menjalankan perusahaan terbesar di AS ke tingkat yang baru. Hobart pun digadang-gadang juga bakal masuk dalam CEO wanita yang memimpin perusahaan di Fortune 500 lho!

Kita tunggu saja pengumumannya ya, Be-emers!

Nah, menurut kamu, siapa lagi nih CEO wanita paling inspiratif di dunia?