Perbandingan Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Lokal VS Luar Negeri

Sumber Gambar : Google

Sumber Gambar : Google

Like

Beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan emang sulit, tapi jangan pernah ragu buat mencoba memulainya. Prinsip vegan pun mulai merambah industri kecantikan.

Sekarang, mulai banyak brand kosmetik yang mengampanyekan eco-friendly dan animal-cruelty free melalui produknya. 

Usaha tersebut nggak lain bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem sekaligus menghindari dampak buruk bagi lingkungan akibat proses produksi yang sembarangan.

Misalnya, dengan mendukung brand kecantikan vegan yang eco-friendly, kamu udah turut berpartisipasi mengurangi emisi karbon.

Peringatan Earth Hour yang jatuh pada setiap tanggal 28 Maret merupakan momen penting bagi kita untuk melakukan gerakan mati lampu selama 1 jam. 


Perayaan ini merupakan perayaan global yang diadakan oleh WWF dengan tujuan untuk mengajak masyarakat membantu melawan perubahan iklim.

Produk kosmetik lokal maupun luar negeri sama bagusnya, semua kembali pada pilihan yang cocok pada pribadi masing-masing.

Banyak orang masih berpikiran jika produk kosmetik luar negeri memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari produk dalam negeri tetapi juga tidak bisa dibenarkan sepenuhnya.

Hanya saja, apakah brand kosmetik luar negeri cocok untuk masyarakat Indonesia? Jawabannya belum tentu. 

Meski brand image kosmetik luar negeri banyak dianggap lebih baik dari brand image produk lokal. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang memungkinkan tidak cocok menggunakan kosmetik luar negeri.

Sebenarnya balik lagi ke kebutuhan setiap orang, apakah cocok dan tidak nya menggunakan produk kosmetik local atau tidak. Sebaiknya, penggunaan produk kosmetik yang komposisi nya ramah lingkungan.

Untuk cara mengetahuinya apakah produk kosmetik tersebut ramah lingkungan lokal maupun luar negeri dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut :
  1. Bahasa paling atas yang tertulis pada keterangan produk tersebut, penulisan tanggal kedaluwarsa, nama perusahaan yang memproduksi merek kosmetik, lokasi pabrik pembuatan produk tersebut.
  2. Badan atau lembaga yang memberi izin serta sertifikasi keamanan yang tertera pada kemasan produk. 
  3. Produk kosmetik lokal biasanya menuliskan keterangan produk dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Penulisan tanggal kedaluwarsa produk lokal dimulai dari tanggal, bulan dan tahun. 
  5. Produk kosmetik lokal yang aman dan bagus memiliki izin dari BPOM dan sertifikasi halal yang tertera pada produk tersebut. 
Selanjutnya, inilah deretan produk kecantikan yang terkenal dan ramah lingkungan :
  1. Mineral Botanica - Merupakan brand kosmetik lokal yang produk-produknya dikembangkan di Los Angeles. Sesuai namanya, bahan utama pembuatan produk skin care dan kosmetik terbuat dari tumbuhan.
  2. Barry M - Produk ini baru aja masuk ke Indonesia pada akhir 2019 kemarin. Brand kosmetik UK yang sedang bersiap-siap menuju 100 persen vegan ini membawa rangkaian lip paint nail paint, eyeliner, contour, eyeshadow, dan highlighter terbaiknya.
  3. Sukin - Mulai memasarkan produk skin-carenya ke Indonesia. Brand kecantikan vegan asal Australia ini dikenal anti banget sama yang namanya bahan-bahan sintetis yang membahayakan hewan dan lingkungan.
  4. Love, Beauty, and Planet -  Resmi hadir di Indonesia. Brand berikut juga punya misi mengurangi sampah dan menjaga keberlangsungan ekosistem.
Yuk, mulai beralih ke produk yang ramah lingkungan dari sekarang!

Baca Juga: Jadi Tren, Kenali Apa Itu Produk Kecantikan Ramah Lingkungan Yuk!