Jadi Tren, Kenali Apa Itu Produk Kecantikan Ramah Lingkungan Yuk!

Beauty Products - Canva

Beauty Products - Canva

Like

Masalah lingkungan itu bukan hal yang sepele lho, Be-emers. Mulai dari banjir, kebakaran hutan, hingga perubahan iklim akibat pemanasan global tentunya jadi mimpi buruk nih buat lingkungan kita.

Meski begitu, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi planet Bumi kita tercinta ini. Bahkan, tokoh dunia kayak Bill Gates sudah gencar berinvestasi untuk untuk mengembangkan produk teknologi yang ramah lingkungan lho.

Baca Juga: Punya Rencana Perangi Perubahan Iklim, Bill Gates Investasi Pengembangan Clean-Tech

Nah, enggak cuma teknologi, sejumlah industri kecantikan juga mulai concern dengan produk ramah lingkungan nih, Be-emers.

Memang seperti apa sih produk kecantikan yang ramah lingkungan itu?


 

Beauty Product - Canva

Beauty Product - Canva

 

Mengenal Apa Itu Sustainable Beauty

Seperti yang kita tahu, produk kecantikan skala besar diproduksi di pabrik. Nah, hal itu tentu saja bisa berpotensi menghasilkan limbah yang mengancam kelestarian lingkungan.

Makanya, produk kecantikan yang ramah lingkungan itu diproduksi dengan polusi yang lebih sedikit, bahan yang cenderung alami, hingga kemasan yang bisa didaur ulang. Produk kecantikan yang ramah lingkungan juga biasa disebut Sustainable Beauty (produk kecantikan berkelanjutan) atau Eco-Beauty.

Nah, diketahui dari laman Sociolla, ada sejumlah alasan produk kecantikan ramah lingkungan itu penting:
  • Aman bagi kulit dan bumi
    Enggak semua bahan kimia dalam produk kecantikan itu aman buat kamu konsumsi lho. Nah, produk Sustainable Beauty enggak memiliki kandungan yang bakal membahaya kulit. Misalnya, tidak mengandung mercury dan bahan kimia berbahaya lainnya.

    Di satu sisi, produk Sustainable Beauty justru dibuat dari bahan yang enggak merusak alam maupun ekosistem. Pastinya, limbah pemakaiannya juga enggak mencemari lingkungan.
     
  • Vegan Based & Cruelty-Free
    Produk kecantikan yang ramah lingkungan enggak mengandung bahan yang berasal dari hewan lho. Selain itu, uji coba produknya juga enggak dilakukan pada hewan.
     
  • Kemasan Ramah Lingkungan
    Enggak cuma kandungannya, kemasannya juga harus ramah lingkungan. Misalnya, minim jejak karbon, bisa didaur ulang, dan bisa diolah.

    Bayangin deh, kemasan produk kecantikan juga jadi salah satu sumber limbah sampah plastik di dunia lho!


 

Beauty Product - Canva

Beauty Product - Canva



Daftar Produk Kecantikan Ramah Lingkungan

Sekarang sebenarnya enggak terlalu sulit kok untuk kamu menemukan produk kecantikan yang ramah lingkungan. Mulai dari skincare hingga makeup, kamu bisa temukan di sejumlah platform e-commerce lho!

Selain itu, enggak hanya dari luar negeri, produk kecantikan ramah lingkungan juga banyak yang berasal dari brand lokal nih, Be-emers. Apa saja produk kecantikan ramah lingkungan yang cukup populer?

1. Beautycounter
Nama Beautycounter mendapat banyak sorotan karena berhasil masuk dalam 50 Perusahaan Paling Inovatif 2019 versi Fast Company.

Didirikan sejak 2013 oleh Gregg Renfrew, Beautycounter merupakan perusahaan yang memproduksi sekaligus menjual produk skincare dan kosmetik dengan mengusung konsep ramah lingkungan.

Dilansir dari laman Fast Company, Beautycounter berhasil memimpin mengembangkan produk kecantikan yang lebih aman. Pihak Beautycounter juga diketahui melakukan dua hal untuk eksis dalam produk ramah lingkungan, antara lain:
  • Beautycounter mencoba mengubah status quo dengan dua cara: pertama, dengan inovasi produk berkinerja tinggi yang tidak menggunakan 1.500 bahan kimia yang merek tersebut dianggap meragukan atau berbahaya
  • Melobi legislator untuk mengatur industri kecantikan dengan lebih baik.

Penjualan produk Beautycounter dilakukan secara online melalui website resminya, serta lewat retailer kayak platform J.Crew dan Target sejak 2016. Di tahun yang sama, Beautycounter mengakuisisi Nude, natural beauty brand asal Inggris.

2. Innisfree
Enggak hanya terkenal dengan industri musik pop dan filmnya, Korea Selatan juga terkenal dengan produk kecantikan, terutama yang berbahan dasar alami dan ramah lingkungan lho!

Salah satu produk yang cukup populer di ‘Negeri Gingseng’ itu yakni Innisfree. Dengan filosofi naturalisme, produk Innisfree ini punya laboratorium kecantikan yang ada di tengah kebun teh hijau di Pulau Jeju nih, Be-emers.

Di sana, para ahli skincare dan produk kecantikan Innisfree mempelajari soal lingkungan serta tanaman apa saja yang bisa mengembangkan perawatan kulit. Innisfree juga diketahui menggunakan 70 persen bahan alami dan mengurangi emisi karbon.

Nah, enggak hanya kandungan produknya, pihak Innisfree juga membantu konsumennya yang ingin mengembalikan botol produk kosong (kemasan bekas produk kecantikan) dengan datang langsung ke gerai resminya,

Di satu sisi, mereka juga enggak segan buat melacak bekas botol atau kemasan produknya yang telah didaur ulang. Uniknya, Innisfree juga punya produk sapu tangan ramah lingkungan lho!

3. The Body Shop
Bisa dibilang produk The Body Shop adalah salah satu yang tertua dalam industri produk kecantikan ramah lingkungan nih, Be-emers. Eksis sejak 1976 di Brighton, Inggris, The Body Shop memang punya kampanye daur ulang “Bring Back Our Bottles”.

Sama kayak Innisfree, The Body Shop juga mengajak para konsumennya untuk mengembalikan kemasan kosong mereka ke gerai The Body Shop. Nantinya, kemasan tersebut bakal diproses ulang jadi barang lainnya.

Bahkan, pihak The Body Shop juga menerapkan konsep ramah lingkungan dalam lingkungan bisnisnya lho.

Nah, produk kecantikan ramah lingkungan apa lagi nih yang kamu ketahui?