Dikabarkan Menghilang, Jack Ma Sebenarnya Masih Bebas Jalan-Jalan di China Lho!

Jack Ma - Canva

Jack Ma - Canva

Like

Bikin heboh jagat raya gara-gara menghilang sejak Oktober 2020, ternyata Jack Ma dikabarkan masih bebas jalan-jalan di China lho, Be-emers! Jadi, selama ini kemana saja sih bos Alibaba itu?

Setelah mengeluarkan kritik pedasnya, Jack Ma memang kini cukup bersitegang dengan pemerintah China nih, Be-emers. Alhasil, Jack Ma pun “menghilang” dari sorotan publik.

Bisnis Jack Ma pun mendapat tekanan dari pemerintah China. Sampai-sampai, proses Initial Public Offering (IPO) Ant Group dihentikan!

Baca Juga: Pendapatan Alibaba Melonjak di Tengah Jack Ma dan Pemerintah China yang Masih Bersitegang

Nah, kabar menghilangnya Jack Ma dari sorotan publik sempat membuat sejumlah pengamat bertanya-tanya nih, Be-emers. Sebenarnya Jack Ma itu melarikan diri dari China atau bahkan ditempatkan di tahanan rumah?


Meski begitu, Jack Ma rupanya masih aktif bepergian di China kok! Diketahui dari The New York Post, salah satu orang terkaya di China itu bepergian dengan bebas ke seluruh China pada awal tahun di tengah spekulasi bahwa dia telah menghilang.

Bahkan, dari laporan Financial Times, Ma dikabarkan menggunakan jet pribadi Gulfstream untuk melintasi negara sambil mencoba memuluskan segalanya dengan regulator negara!

Pihak Financial Times mendapatkan catatan penerbangan yang menunjukkan bahwa Jack Ma melakukan perjalanan seminggu sekali pada bulan Januari dan Februari, terutama ke Beijing dan pulau Hainan.

Jadi, pesawatnya itu diketahui berada di ibu kota China pada akhir Januari ketika Ant Group lagi merundingkan rencana restrukturisasi dengan regulator, setelah dipaksa untuk membatalkan IPO-nya.

Kesepakatan itu pun dilaporkan telah disetujui. Namun, para pejabat belum mengumumkannya secara terbuka.

Uniknya, Jack Ma juga dilaporkan dilaporkan terlihat bermain golf dalam beberapa bulan terakhir lho, Be-emers. Waw!

Namun, laporan perjalanan Jack Ma di sepanjang 2021 ini memang lebih sedikit ketimbang dulu saat sebelum bersitegang dengan pemerintah China. Dulu, Jack Ma biasa melakukan perjalanan udara rata-rata setiap tiga hari.

Baca Juga: Seberapa Besar Dampak Kasus Jack Ma Pada Startup Teknologi China?

Wah, kira-kira kapan ya Jack Ma akan kembali lagi ke hadapan publik dan mengakhiri persitegangannya dengan pemerintah China?