Fakta di Balik Indomaret dan Alfamart yang Berdekatan

Ilustrasi Mini Market - Canva

Ilustrasi Mini Market - Canva

Like
Dimana ada Indomaret pasti ada Alfamart. Begitu juga sebaliknya. Mini market yang dekat dengan keseharian kita ini emang paling sering kita kunjungi dan terdekat dengan kita kalau mau beli sesuatu yaa...tapi be-emers perhatiin ngga sih lokasi kedua mini market ini selalu berdekatan satu sama lain? 

PT Indomarco Prismatama (Indomarert Group) merupakan salah satu anak perusahaan dari Salim Group yang berdiri sejak 1988. Indomaret sebagai pionner bisnis gerai waralaba atau franchise terbesar di Indonesia. Per Januari 2020 jumlah gerai Indomaret mencapai 27.681 unit yang tersebar di berbagai provinsi di indonesia. Sementara Alfamart merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Djoko Susanto dengan nama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Jumlah gerai Alfamart di Indonesia per kuartal III 2020 mencapai 15.102 unit. 

Alasan Indomaret dan Alfa berdekatan adalah adanya adu persaingan di antara keduanya. Bagaimana kedua brand ini mengadu kekuatan untuk menarik hati konsumennya dan persaingan yang jalani cukup sengit. Kedua mini market ini membidik pasar yang lebih luas dengan strategi marketing yang mereka jalankan.

Baik Indomaret dan Alfamart ini, keduanya menggunakan konsep teori lokasi industri, tepatnya Hotelling Theory. Selain itu, keduanya juga menggunakan pendekatan porter's five forces. Untuk lebih detail keduanya seperti apa, tonton yuk Diskusi Unik Ala Rangga dan Rachma dalam video yang satu ini. Check this out~