Indonesia Enggak Perlu Sedih “Ditinggal” Tesla, Sejumlah Mobil Listrik Ini Bisa Jadi Pilihan

Like

Electric Car - Canva

Electric Car - Canva

 

Sederet Perusahaan Otomotif Tertarik Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Jangan sedih, Tesla memang belum mau bangun pabrik mobil listriknya di Indonesia. Meski begitu, sejumlah perusahaan otomotif dunia dikabarkan tertarik buat bangun pabrik mobil listrik di Indonesia lho, Be-emers.

Di pertengahan Maret 2021, Honda dikabarkan bakal memindahkan pabrik mobil listriknya dari India ke Indonesia nih. Enggak hanya itu, perusahaan otomotif asal jepang itu juga bakal menambah investasinya ke Indonesia senilai Rp5,2 triliun!

Selain itu, perusahaan otomotif asal jepang lainnya, yakni Toyota, juga tengah tertarik buat bangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Bahkan, pihak Kementerian Perindustrian menyampaikan kalau Toyota pun sudah menyiapkan dana hingga Rp22 triliun buat mengembangkan produksinya.

Selanjutnya, ada Mitsubishi yang tertarik bakal bangun fasilitas produksi mobil listrik di dalam negeri. Pihak Mitsubishi pun diketahui telah berkomitmen akan menambah investasi Rp11,2 triliun hingga tahun 2025.

Sementara itu, perusahaan mobil asal Korea Selatan, Hyundai bahkan sudah lebih dulu membangun fasilitas produksi mobil listrik di Indonesia lho! Berlokasi di Cikarang, pabrik milik Hyundai tersebut kabarnya sudah bisa aktif memproduksi mobil listrik di Indonesia pada 2022 mendatang.


 

Dian Sastro - Image: Hyundai Indonesia

Dian Sastro dan mobil listrik Hyundai Ioniq - Image: Hyundai Indonesia

 

Selain Tesla, Ini Deretan Mobil Listrik di Indonesia

Mobil listrik kayaknya memang sudah siap menggeser popularitas mobil konvensional nih, Be-emers. Soalnya, sejumlah produk mobil listrik sudah mulai eksis di Indonesia.

BMW

Perusahaan mobil asal Eropa, BMW ternyata adalah prisoner mobil listrik murni yang dijual resmi di Indonesia lho, Be-emers. Mobil listrik BMW tersebut yakni BMW i3s.

Mobil yang pertama kali diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2019 lalu itu memiliki baterai berdaya 42,2 kWh. Dilansir dari laman Oto.com, pada Maret 2021, BMW i3s dibanderol sekitar Rp1,34 miliar.
 

Hyundai

Berawal dari postingan Instagram artis Dian Sastrowardoyo, mobil listrik Hyundai mulai mencuri perhatian publik nih. Pemeran Cinta di film Ada Apa dengan Cinta? tersebut diketahui menggunakan Hyundai Ioniq.

Menurut Dian, mobil listrik Hyundai tersebut cukup praktis dan mudah untuk diisi daya. Hyundai Ioniq sudah resmi dirilis di Indonesia sejak November 2020 lalu.

 

Dian Sastro - Hyundai - Image: Instagram @therealdisastr

Dian Sastro - Hyundai - Image: Instagram @therealdisastr



Dilansir dari laman Hyundai, mobil listrik murni milik perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini dilengkapi dengan Audio Display sebesar 8 inci, Shift by Wire, Electric Power Seat, dan Supervision Cluster dengan LCD sebesar 7 inci.

Adapun, dilansir dari Carmudi, harga Hyundai Ioniq Maret 2021 dibanderol Rp637 juta. Selain Ioniq, Hyundai juga punya mobil elektrik lainnya, yakni Hyundai Kona yang harganya berkisar Rp389 juta.
 

Tesla

Tesla memang belum mau bangun pabrik di Indonesia. Namun, penjualan mobilnya sudah mulai dilirik sama pecinta otomotif tanah air nih.

Salah satu mobil Tesla yang dipasarkan di Indonesia yakni Tesla SP100D. Mobil pabrikan Elon Musk ini punya spesifikasi seperti baterai Lithium-Ion dengan daya 100 kWh.

Daya baterai tersebut mampu menunjang dua motor listrik dan menghasilkan tenaga 680 Tk. Makanya, enggak heran, mobil listrik Tesla satu ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yakni mencapai Rp4,4 miliar!
 

Lexus

Pada November 2020 lalu PT Toyota Astra Motor merilis mobil listrik Lexus nih, Be-emers. Mobil yang diberi nama Lexus UX 300e itu punya daya jelajah hingga 300 km sekali untuk pengisian daya listrik lho!

Spesifikasi Lexus UX 300e yakni punya motor listrik dengan kapasitas 54,35 kWh dan bertenaga 201 Tk. Pengisian baterai Lexus UX 300e membutuhkan waktu 24 jam hingga mencapai 100 persen.

Meski begitu, dengan AC Wall charger, kamu hanya butuh waktu hingga 6 jam untuk mengisi daya baterai mobil. Lexus UX 300e pun dibanderol sekitar Rp1,25 miliar.


Hayoo, kamu berencana buat beli mobil listrik yang mana nih, Be-emers?