Sederet Mobil Toyota Avanza-Rush Hingga Daihatsu Xenia-Terios Kena Recall

Toyota - Canva

Toyota - Canva

Like

Dunia otomotif lagi heboh nih. Kali bukan gara-gara relaksasi dari pemerintah terkait pembelian kendaraan, tapi sejumlah mobil produksi Toyota dan Daihatsu terpaksa harus kena recall nih, Be-emers.

Dua produsen mobil asal Jepang, yakni Toyota dan Daihatsu dikabarkan harus recall atau menarik kembali produk mobilnya seperti Avanza, Rush, Terios, Xenia, hingga Alphard lho, Be-emers!

Nah, per tanggal 18 Maret 2021, Toyota Avanza dan Rush masuk dalam daftar recall terbaru yang dirilis sama TAM nih, Be-emers. Sebenarnya sih, hal ini merupakan tindakan lanjutan dari recall serupa di tahun sebelumnya.
 
Sekedar informasi, pihak TAM telah melakukan aktivitas recall sejak Juli 2020. Saat itu, sejumlah mobil produksi Toyota yang masuk dalam daftar recall antara lain:
  • Alphard produksi tahun 2017—2018
  • Corolla produksi tahun 2018
  • FJ Cruiser produksi tahun 2013—2014, dan
  • Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017—2019

Sementara itu, pihak PT Astra Daihatsu Motor juga melakukan recall untuk ketiga produk mobilnya nih, Mobil tersebut antara lain Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion.

Lebih rincinya, recall tersebut mencakup 14.152 unit mobil All New Terios dan New Sirion produksi Desember 2017-Juni 2019, hingga 53.246 unit Great dan Grand New Xenia produksi Oktober 2017-Juni 2019.


Kok bisa sih?
 

Gara-Gara Fuel Pump

Diketahui dari laman Bisnis, PT Toyota Astra Motor telah menarik sejumlah produknya terkait masalah pompa bensin (fuel pump).

Jadi, menurut PR Department Head PT TAM Dimas Ibrahim Aksa, kerusakan fuel pump bikin Electronic Computer Unit (ECU) bakal membaca tekanan fuel pump itu sendiri enggak maksimal. Sehingga, hal itu bisa menyebabkan lampu indikator mesin di meter cluster bakal menyala.

Dimas menuturkan, kalau sampai hal itu terjadi, kemungkinan besar mesin akan tiba-tiba mati lho, Be-emers. Soalnya, pasokan bensin berhenti, atau saat dalam kondisi mesin mati akan sulit untuk dihidupkan kembali.

Adapun, sebelum terjadi kerusakan, fuel pump bakal mengalami gelajaka bermasalah seperti mengeluarkan suara berisik yang enggak normal nih. 

Recall produk mobil Daihatsu juga disebabkan oleh adanya masalah fuel pump nih, Be-emers.

Bahkan, Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan kalau pada 2019 lalu, ada 24 konsumennya yang mengeluhkan mesin mobil Daihatsu mengalami mati mesin secara mendadak atau tersendat!

Dari hasil investigasinya, komponen fuel pump yang notabene ada di dalam impeller telah mengembang lebih dari standar. Makanya, untuk konsumen Daihatsu yang sudah terlanjur memiliki tiga mobil tersebut, pihak Daihatsu menyarankan untuk segera ke bengkel guna mendapatkan perbaikan secara gratis.

Proses perbaikan komponen tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar dua jam nih, Be-emers. Adapun, baik untuk mobil Toyota dan Daihatsu yang mengalami masalah fuel pump, keduanya enggak dikenakan biaya untuk servis kok.

Tonton juga yuk, video DUARR soal alasan kenapa mobil Toyota dan Daihatsu banyak yang mirip di Youtube Channel Bisnis Muda. Jangan lupa subscribe yaa!