Yuk, Berinvestasi dari Sekarang!

How to invest when you know nothing about investing (pinterest)

How to invest when you know nothing about investing (pinterest)

Halo sobat investor. Gimana nih portofolio kalian? Sudah tertatakah dengan rapi?

Kali ini, kita akan lebih meyakinkan lagi pada sobat investor untuk terus berinvestasi dan mengajak untuk sobat yang belum berinvestasi, agar bisa memulai investasi sejak sekarang juga.
 
Lalu apa sih investasi? investasi merupakan kegiatan untuk menunda kesenangan di tempo sekarang dan berfokus kepada hasil di masa depan. jadi investasi sangat memerhatikan konsep value of time.

Nah, di sini pasti sudah sedikit tergambarkan apa itu investasi. Oke, langsung saja kita bahas apa saja pentingnya membangun portofolio sejak dini, langsung simak saja poin-poin berikut ini:
  • Potensi capital gain di masa depan.
    Selisih harga beli dan harga jual menjadi hal yang diharapkan pasti bagi sobat investor.

    Anggap saja, kita membeli saham dan rata rata return saham pertahun 10-15 persen, tergantung pada kondisi ekonomi dan sesuai risiko capital lose-nya pula. Properti memiliki rata rata kenaikan harga 8 persen pertahun, apalagi jika lokasi strategis pasti bisa lebih dari angka tersebut. 
     
  • Menambah pendapatan bulanan
    Hal ini diperoleh dengan hasil misal uang sewa property yang tiap bulan dibayarkan.

    Adapun, kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan dari dividen saham yang apabila kita mampu mengelola akan bisa menghasilkan tambahan keuangan.
     
  • Menuju kebebasan finansial
    Kebebasan finansial bisa di analogikan dengan bagaimana biaya hidup kita setiap bulan bisa kita cukupi tanpa kita harus bekerja, melainkan dengan passive income misal dari bunga ataupun uang sewa.
     
  • Menyadari adanya inflasi
    Inflasi kadang diabaikan oleh sebagian orang khususnya orang yang awam akan keuangan. Akumulasi inflasi bisa sangat berbahaya bagi nilai kekayaan kita apalagi jika kita hanya memiliki uang cash yang akan digerogoti nilainya oleh inflasi.

    Kita bisa lebih miskin jika kita tidak memiliki sebuah investasi yang return nya tidak lebih dari inflasi itu sendiri. lebih bahaya lagi jika kita tidak memiliki investasi sama sekali.


Nah, menyadari pentingnya berinvetasi sekarang juga, saya juga akan memberi kiat kiat bagi kalian bagaimana cara berinvetasi dari dasar. simak kiat nya berikut ini :
  • Tentukan profil risiko dan jangka waktu investasi.
    Jika anda memiliki profil risiko yang rendah maka bisa memilih obligasi negara ataupun deposito. Kalau kalian sesorang yang risk taker, maka kalian bisa memilih saham sebagai instrumen investasi
     
  • Tentukan alokasi dana investasi dari pendapatan kalian.
    Pastikan disiplin dalam hal ini agar kalian selalu konsisten dalam berinvestasi. Jangan hanya sekali berinvestasi dengan dana besar akan tetapi junjung tinggi prinsip berkelanjutan dan disiplin.

    Investasi tidak semata mengharapkan keuntungan finansial, akan tetapi juga melatih sikap kedisiplinan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. 
     
  • Investasi ilmu yang utama.
    Dalam berinvestasi tentu ada seni nya dan ada ilmu nya masing-masing. tentu berinvestasi di saham berbeda dengan properti begitu pula dengan instrumen lain.

    Dengan kita berilmu maka akan meminimalisir kita dari kerugian dan memaksimalkan return dalam kita berinvestasi.

    Untuk itu, selamat! Dengan anda membaca artikel ini maka anda telah berinvestasi ilmu yang berguna bagi masa depan sobat investor.
     
Oke sobat investor, semoga sharing ilmu dari saya ini memberikan sudut pandang mengenai pentingnya investasi dari sekarang. Selamat berproses menjadi investor sejati dan selalu berorientasi kepada kehidupan masa depan yang lebih baik dengan investasi.