Memulai Bisnis Dengan Menulis di Masa Pandemi

Memulai bisnis dengan menulis - Foto : Internet

Memulai bisnis dengan menulis - Foto : Internet

Like

Banyak peluang usaha yang dapat dilakukan terkhususnya di masa pandemi ini. Tentu harus kita sadari terlebih dahulu, bahwa usaha tidak hanya dengan bermodalkan materi, non materi bahkan teori pun bisa menjadi ide peluang suatu bisnis.

Di masa pandemi ini, platform utamanya adalah media online. Semua aktivitas dan kegiatan diadakan secara online, baik menggunakan aplikasi maupun jaringan internet lainnya.

Banyak lomba-lomba yang diadakan oleh berbagai macam komunitas dan organisasi secara via online. Dari lomba fiksi sampai non fiksi. Seperti lomba menulis cerpen, menulis artikel, cipta puisi, karya ilmiah, essai, dan masih banyak lagi.

Selain untuk meningkatkan kreativitas serta kemampuan kita di bidang kepenulisan, kita juga bisa mendapatkan bonusnya, yaitu hadiahnya apabila menang. Setelah kita sudah mengasah kemampuan menulis kita dengan mengikuti berbagai macam perlombaan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menulis atau menciptakan sebuah karya dalam bentuk buku yang selanjutnya dapat kita jual karya kita untuk menghasilkan uang. Dan tentunya karya yang kita jual harus bernilai tinggi, dalam arti kemampuan menulis kita sudah ada dalam diri kita.

Berikut langkah-langkah untuk menjadi penulis yang baik :


1. Sering Membaca 
Banyak orang yang ingin menjadi penulis tetapi tidak mau membaca. Ini adalah langkah yang salah. Karena penulis yang baik adalah dia yang sering menulis dan juga membaca. Membaca tidak harus dengan buku. Bisa dari sumber terpercaya seperti jurnal, artikel dan referensi lainnya. Dengan banyak membaca, peluang besar bagi seorang penulis untuk mendapatkan dan menguasai kosa kata baru. Dengan begitu, penulis akan lebih mudah dalam merangkai kata di selip tulisannya.

2. Manage Waktu
Seorang penulis yang baik mampu mengatur waktunya dengan baik. Kapan ia akan memulai tulisannya, dan kapan ia akan mengakhiri tulisannya dan melanjutkan di hari selanjutnya. Biasanya juga, untuk seorang penulis waktu adalah emas. Baginya waktu berjalan begitu cepat, sehingga ia membutuhkan banyak waktu untuk dapat menyelesaikan tulisannya. Dengan memanage waktu, maka penulis dapat menyelesaikan tulisannya dengan tepat waktu.

3. Rajin Menulis Walau Satu Kata
Nah, ini penting buat seorang penulis. Dia dapat dikatakan sebagai seorang penulis apabila seharinya ia mampu menulis satu kata dan membaca satu kata. Jadi, rajin itu sangat penting. Karena jika seorang penulis tidak rajin, maka ia tidak bisa dikategorikan sebagai seorang penulis.

4. Konsisten
Maksud dari konsisten disini adalah seorang penulis harus konsisten dengan tulisannya. Artinya penulis harus mampu menyelesaikan tulisannya tepat waktu. Sebagaimana jadwal yang sudah penulis tetapkan. Seorang penulis penting dalam membuat jadwal ia mulai menulis dan target selesai menulis. Dengan begitu, penulis dapat konsisten dan tepat waktu dalam menyelesaikan tulisannya.

Itulah informasi terkait bagaimana memulai bisnis dengan menulis, dan bagaimana menulis yang baik layaknya seorang penulis. Semoga bermanfaat.
 
Jazakallah Khairan....

Salam Literasi!