Jualan Melalui Instagram? Emang Bisa Laku Saat Pandemi Sekarang? Why Not!

Instagram Business Account, strategi jitu berjualan di Instagram (Businnes Paragon)

Instagram Business Account, strategi jitu berjualan di Instagram (Businnes Paragon)

Like

Menjalankan bisnis di masa pandemi sekarang ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Selain daya beli konsumen yang menurun, masyarakat juga tidak leluasa dalam berbelanja karena takut terjangkit virus Corona.

Dilansir dari Bisnis.com, Kevin O’Leary mengatakan bahwa ada banyak peluang untuk memulai bisnis saat ini. Menurutnya, bisnis online akan menjadi langkah bagus untuk memulai.

Nah, dari peluang tersebut banyak media sosial yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis dalam menjual produk-produknya. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah Instagram.

Emang saat ini bisa laku jualan di Instagram? Ya, jawabannya kenapa tidak?

Selagi kita memiliki strategi, maka kita juga bakal berhasil nantinya. Nah buat teman-teman, berikut ini ada beberapa strategi loh yang bisa buat kalian berjualan produk di Instagram. So, langsung aja dibaca secara detail ya, jangan sampai kelewatan!
 

1. Memahami Produk yang Dijual dan Kompetitor Pasar

Sebelum kita memperkenalkan produk yang ingin dijual dan mengetahui seberapa besar kompetitor yang ada di pasar atau market, alangkah lebih baiknya kita memahami terlebih dahulu apa saja keunggulan atau keunikan produk yang ingin kita jual.


Contohnya, semisal Anda adalah pengusaha penjual biji kopi Khas Banyuwangi. Nah, terkait konten yang ingin Anda buat dan juga posting di Instagram adalah yang berkaitan dengan manfaat biji kopi khas Banyuwangi dan juga meng-highlight kata “Khas Banyuwangi”.

Hal ini yang nantinya akan menjadi minat tersendiri dari konsumen terhadap produk lokal yang ingin dijual. Selain itu, identifikasi juga orang-orang yang Anda follow serta bangun komunikasi agar produk yang Anda jual tepat sasaran.
 

2. Company Branding Package

Company branding package adalah salah satu strategi dalam membangun image product yang Anda jual dimata konsumen. Ada beberapa elemen terpenting yang harus ada, diantaranya adalah logo produk yang dijual dan mood colour dari perusahaan atau produk. Branding package yang menarik tentu menambah kesan tersendiri dari konsumen.
 

3. Instagram Business Account

Instagram Business Account merupakan fitur yang diluncurkan oleh pihak Instagram pada tahun 2016, yang hanya dikhususkan untuk mempermudah online marketing dari setiap produk-produk yang ingin dijual. Beberapa keunggulan dari Instagram Business Account adalah kita dapat melihat analytics, profil bisnis, dan kemampuan untuk mengubah postingan instagram menjadi sebuah iklan.

Itulah beberapa keunggulan fitur yang ada di Instagram Business Account. Untuk itu, penting bagi Anda yang ingin berjualan melalui media sosial seperti Instagram, maka bisa mengubah personal account menjadi business account.
 

4. Ikuti Template Instagram Business Account

Setelah Anda mengubah personal account menjadi business account, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa melengkapi profil ataupun deskripsi bisnis yang di jalani saat ini atau produk yang Anda jual pada bagian Bio Instagram.

Deskripsi tersebut berupa kontak WA, email, alamat website, keunggulan/keunikan produk, diskon, dan lain-lain. Detail produk yang Anda cantumkan pada kolom Bio Instagram akan semakin mempermudah konsumen dan menarik minat tersendiri untuk membeli produk tersebut.
 

5. Story dan Highlight

Fitur Highlight Instagram merupakan satu kesatuan dengan fitur story, yang membedakan adalah story di Instagram akan hilang dalam jangka waktu 1x24 jam. Lain halnya jika anda meng-highlight story Anda, maka melalui fitur ini Anda bisa merangkum beberapa video lalu dijadikan satu cuplikan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan banyak informasi kepada para calon konsumen tanpa harus mempostingnya dalam Instagram Story secara terus-menerus.

Semoga setelah mengikuti strategi tersebut bisa berhasil dan produk-produk yang dijual dapat diminati konsumen yaa. Tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatan!