Noice VS Spotify: Persaingan di Industri Konten Audio

Like

Podcast - Canva

Podcast - Canva


Mengenal Noice, Platform Audio Streaming Asal Indonesia

Kamu tahu enggak sih? Indonesia juga punya platform audio streaming lho! Platform tersebut bernama Noice.

Noice merupakan platform audio streaming yang didirikan dan dikembangkan oleh PT Mahaka Radio Integra Tbk. sejak 2018 nih, Be-emers. 

Meski baru berusia kurang lebih dua tahun, Noice diketahui punya lebih dari 35 podcast eksklusif dan 10.000 lebih konten audio lokal. Selain itu, Noice juga delapan radio channel dan puluhan ribu lagu dari musisi lokal.

Berada di bawah naungan Mahaka Radio, channel radio yang ada di Noice tentunya diisi oleh stasiun radio dari Mahaka Radio Grup kayak gen FM, Jak FM, Most Radio, Kis FM, Hot Fm, Mustang FM, dan Raya Channel.

Selain itu, Noice juga telah bekerja sama dengan sejumlah label musik lokal kayak Trinity Optima, My Record Music, Aquarius, hingga Musica Studio.


Sementara itu, Noice juga punya fitur yang beda dari Spotify nih, Be-emers. Di aplikasi Noice, terdapat fitur Direct Message dan Mixtape.

Jadi, kamu bisa merekam sendiri suara kamu dan menyusun lagu yang disukai buat menjadi sebuah konten siaran (podcast) lho!

Dilansir dari Bisnis, Mahaka Radio Integra yang punya kode saham MARI ini juga cukup optimis sama industri podcast di tanah air nih.

Meski begitu, menurut Presdir MARI Adrian Syarkawie, tantangan bagi industri podcast pada 2021 masih berada di sisi konten, yaitu bagaimana pemain dapat membuat esensiyang menarik dan disukai oleh banyak orang.

Adapun, di tahun 2021 ini, Noice bakal memperkuat teknologi di sisi aplikasi agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih bagus dan nyaman. Dari sisi konten, Noice juga bakal kategori yang sudah ada lho.

Nah, menurut kamu lebih asyik dengerin podcast di Spotify atau di Noice nih, Be-emers?