Cegah Generasi Sandwich, Ini Soal Dana Pensiun yang Perlu Kamu Ketahui

Future - Canva

Future - Canva

Like

Di usia yang masih muda, berbagai tujuan hidup seperti melanjutkan pendidikan tinggi, beli rumah, hingga menikah pastinya jadi prioritas. Di sisi lain, persiapan untuk punya dana pensiun kerap terlupakan nih.

Padahal, punya perbekalan dana pensiun itu penting banget lho, Be-emers. Salah satunya, untuk mencegah terjebak dalam generasi sandwich!

Generasi sandwich sendiri merupakan istilah buat orang-orang yang keadaan finansialnya terhimpit karena harus mencukupi banyak kebutuhan.

Baca Juga: Apa Tuh Generasi Sandwich? Milenial Mesti Waspada Nih

Makanya, biarpun masih muda, dana pensiun itu penting banget kamu persiapkan dari sekarang. Sehingga, kamu nanti enggak bakal jadi beban buat anak atau bahkan cucu kamu.


Kalau ngomongin soal dana pensiun, kamu pastinya berpikir kalau itu merupakan sebuah biaya atau dana di hari tua kan?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dilansir laman Bisnis, dana pensiun juga merupakan sebuah badan hukum, yang tugasnya mengelola dan menjalankan program manfaat pensiun, termasuk dana pensiun yang menyelenggarakan seluruh atau sebagian usahanya dengan prinsip syariah.

Dalam dana pensiun, ada yang namanya manfaat pensiun yang mana merupakan pembayaran berkala yang dibayarkan kepada peserta pada saat pensiun dengan cara yang ditetapkan dalam peraturan dana pensiun.

Menurut OJK, ada tiga nih manfaat dana pensiun, antara lain:
  • Menghindari jebakan generasi sandwich
    Dengan mempersiapkan dana kebutuhan sejak dini, masa tua tidak akan merepotkan sana keluarga yang lain.
     
  • Sebagai bekal untuk menjalani masa pensiun
    Soalnya, pada usia tua, pengeluaran akan lebih banyak dibandingkan dengan penghasilan.
     
  • Sebagai modal usaha
    Setelah memasuki masa pensiun, banyak pensiunan yang biasanya ingin membuka usaha untuk keberlangsungan hidupnya.

Baca Juga: Punya Gaji Pas-Pasan? Kamu Masih Bisa Nabung untuk Hari Tua Kok! Begini Caranya
 

Jenis dan Cara Jadi Peserta Dana Pensiun

Sementara itu, dana pensiun itu juga dibagi menjadi dua jenis lho, Be-emers. Ada yang namanya dana pensiun pemberi kerja (DPPK) dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Jadi, menurut OJK, DPPK merupakan dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti atau program pensiun iuran pasti bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.

Sedangkan DPLK, yakni dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti perseorangan. Peserta program DPLK ini seperti karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari DPPK.

Gimana cara buat jadi peserta dana pensiun?

Pertama, kamu bisa jadi peserta DPPK kalau kamu merupakan karyawan di perusahaan yang punya DPPK juga.

Nah, selanjutnya, kamu juga bisa kok mendaftar secara mandiri sebagai peserta DPLK. Tenang, proses pendaftaran DPLK ini cukup mudah kok.

Kamu cukup datang ke bank atau perusahaan asuransi jiwa yang ingin kamu pilih sebagai tempat dana pensiun dan melakukan pendaftaran di sana. Prosesnya pun mirip ketika kamu ingin punya rekening baru di bank.

Gimana, sudah siap untuk punya bekal di masa pensiun kamu nanti?