Facebook Hapus 1,3 Miliar Fake Accounts, Kamu Masih Berani Bikin?

Facebook - Canva

Facebook - Canva

Like

Di media sosial, banyak orang yang melakukan berbagai modus dengan memiliki akun palsu, termasuk di Facebook. Buat kamu yang masih berani bikin akun palsu, pihak Facebook enggak segan-segan buat menghapusnya lho!

Fake account atau akun palsu merupakan akun yang enggak memuat data asli seorang pengguna di suatu platform. Biasanya, akun palsu akan menggunakan nama samaran, hingga alamat email khusus yang enggak terhubung ke semua perangkat.

Nah, diketahui dari laman New York Post, Facebook telah menonaktifkan lebih dari 1,3 miliar akun palsu dalam tiga bulan terakhir di tahun 2020 lalu. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upayanya untuk mengatasi kesalahan informasi.

Menariknya nih, jumlah akun palsu yang dihapus Facebook antara Oktober dan Desember 2020 itu setara dengan hampir setengah dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan yang menggunakan platform tersebut pada akhir tahun lalu lho!

Baca Juga: Apa Perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads?


Di satu sisi, kamu mesti tahu nih. Sebenarnya, Facebook itu rajin lho menghapus atau menonaktifkan akun-akun palsu di platformnya.

Menurut VP integritas Guy Rosen, Facebook memblokir jutaan akun palsu setiap hari. Bahkan, Facebook bisa menonaktifkan akun-akun tersebut saat baru dibuat.

Lebih dari itu, Facebook juga menyelidiki dan menghapus "covert foreign and domestic influence operations" yang bergantung pada akun palsu. Soalnya, Facebook sekarang sudah punya lebih dari 35.000 orang yang bekerja untuk memerangi informasi yang salah di platformnya.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu pun diketahui telah berinvestasi dalam sistem kecerdasan buatan yang telah membantu menghilangkan lebih dari 12 juta konten tentang COVID-19 dan vaksin yang dikembangkan.

Meski begitu, pihaknya juga enggak memungkiri bahwa enggak ada yang bisa menghilangkan informasi yang salah dari internet sepenuhnya.

Makanya, pihak Facebook juga menyatakan akan terus menggunakan penelitian, tim, dan teknologi untuk menanganinya dengan cara yang paling komprehensif dan seefektif mungkin nih.

Hayoo, kamu pernah bikin akun palsu di Facebook atau media sosial lainnya enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Facebook Habiskan US$1 Miliar untuk Konten Berita Tiga Tahun ke Depan