Apa yang Menjadi Tantangan Karyawan saat WFH?

Sumber Gambar : Google

Sumber Gambar : Google

Like

Pemerintah  menghimbau agar dapat memutus tali rantai penyebaran virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19, masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, salah satunya menciptakan sistem bekerja dari rumah.

Sejak adanya pernyataan resmi dari World Health Organization (WHO) bahwa Corona Virus Disease (Covid-19) atau Virus Corona sebagai pandemi global dan pengumuman resmi yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada Senin tanggal 2 Maret 2020 bahwa Covid-19 sudah masuk ke Indonesia, sehingga siap atau tidak Indonesia harus menghadapi, mencegah, dan melawan penyebaran Covid-19 tersebut. 

Untuk itu Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan, salah satunya adalah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Selanjutnya pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai strategi dalam mengatasi wabah COVID-19 di beberapa daerah yang termasuk kategori zona merah.

Beberapa tahun lalu, orang masih menganggap bekerja dengan sistem remote adalah tren di masa depan. Itu pun, pengaplikasiannya tak dapat diterapkan pada seluruh jenis industri. 

Meskipun masih menjadi prediksi, siapa yang sangka kalau kemungkinan itu datang lebih cepat. Pandemi yang melanda dunia pada tahun ini menjadi alasannya. 


Bagi yang belum terbiasa melakukan WFH atau bekerja dari rumah, mengerjakan tugas kantor dari rumah memiliki tantangan tersendiri. Jika tak bisa beradaptasi, persoalan yang dihadapi berpotensi menimbulkan depresi.

Berikut ini beberapa tantangan saat work from home bagi para pekerja.
  1. Koneksi Internet Yang Tidak Stabil
  2. Lingkungan Kerja Di Rumah Yang Tidak Mendukung
  3. Sulit Konsentrasi
  4. Pengurangan Gaji Bulanan
  5. Hemat Biaya Ongkos

Sistem kerja yang biasanya dilakukan secara offline bisa sedikit terganggu jika diubah menjadi online.

Oleh karena itu, manajemen perusahaan harus bisa segera beradaptasi untuk mengatasi masalah ini. Jika perusahaan tak dapat beradaptasi dengan baik maka penurunan performa bisa terjadi.