Penggunaan Aplikasi Let It Flo di Jalan Tol, Apakah Mempermudah Kamu?

Sumber Gambar : Canva

Sumber Gambar : Canva

Like

Mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi saat ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan kebijakan baru untuk para pengguna jalan tol untuk membayar tol tanpa harus menghentikan kendaraan nya.

Let It Flo adalah aplikasi solusi touch-less transaction Single Lane Free Flow-SLFF dengan teknologi RFID yang saat ini sedang diuji coba oleh PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) yang merupakan anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Saat ini uji coba Let It Flo masih untuk kalangan internal dan bekerja sama dengan pengguna eksternal salah satunya BUMN dan sejumlah komunitas otomotif untuk menguji sistem Let It Flo.

Perluasan uji coba hingga kini terus dilakukan, bahkan saat ini Let It Flo sudah tersedia di 50 titik gerbang tol wilayah Jabodetabek seperti Jalan Tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek.

Let It Flo juga telah ada di tiga titik Jalan Tol Bali Mandara yakni Ngurah Rai, Nusa Dua, dan Benoa. Tercatat, saat ini pengguna Let It Flo mencapai 6 ribu pengguna.


Baca Juga: Kinerja Belum Cemerlang, Gudang Garam (GGRM) Justru Asyik Ekspansi Bandara & Tol

Berikut ini adalah penjelasan PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengenai system Aplikasi FLO dan LinkAja sebagai alat pembayaran di jalan tol. Penjelasan tersebut disampaikan oleh anak usahannya, PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menyampaikan beberapa penjelasan berikut:
  • Pembayaran Tarif Tol Dengan Sistem SLFF di Jalan Tol
FLO merupakan Sistem Pembayaran Tol Prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker, yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), serta menggunakan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE).

Direktur Utama PT JMTO, Septerianto Sanaf, mengatakan PT JMTO menginisiasi dan mengembangkan sistem transaksi Single Lane Free Flow (SLFF) di jalan tol yang diberi nama FLO. 
  • LinkAja Berperan Sebagai Sumber Dana Pembelian Voucher Elektronik (VE) Aplikasi FLO
Kerjasama antara PT JMTO dan LinkAja adalah sebagai sumber dana untuk pembelian Voucher Elektronik (VE) FLO yang dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol melalui aplikasi FLO, bukan sebagai alat pembayaran langsung yang dapat digunakan oleh pengguna jalan.
  • Saat Ini SLFF dengan Aplikasi FLO Masih Dalam Tahap Uji Coba Terbatas
PT JMTO masih melakukan uji coba terbatas dengan mengedepankan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diantaranya melalui kerjasama dengan armada operasional Garuda Indonesia dan bus-bus milik DAMRI.

Hingga saat ini jumlah Gardu Tol khusus pengguna Aplikasi & Sticker FLO telah mencapai 20 gardu yang tersebar di Jabotabek, FLO belum dijual untuk masyarakat umum. 
  • Bayar Tol Tetap Harus Mengurangi Kecepatan
Adanya inovasi FLO yang berbasis RFID ini menunjukkan bahwa Jasa Marga konsisten untuk terus melakukan pengembangan pada berbagai aspek, baik dari segi fasilitas maupun layanan kepada pengguna jalan tol.

Bagaimana dengan adanya kebijakan Flo di jalan tol saat ini, apakah mempermudah pengguna jalan atau tidak? Seperti yang telah dijelaskan tentu dengan adanya teknologi RFID ini dapat mempercepat dan mempermudah penngendara mobil melewati gardu gerbang tol untuk aktivitas sehari-hari, liburan, kantor dan harian. 

Baca Juga: Ada Lelang Proyek Jalan Tol, Sejumlah Emiten Siap Bersaing Nih!