Digitalisasi Jasa Keuangan

what is ecommerce millionaire mastery (inspiringmompreneurs.com)

what is ecommerce millionaire mastery (inspiringmompreneurs.com)

Like

Halo pembaca setia Bisnismuda.id, tentu di era globalisasi seperti saat ini, e-commerce menjadi sebuah inovasi baru. E-commerce sering diidentikkan dengan transaksi jual beli secara online seperti marketplace.

Tentu, dengan adanya marketplace dan situs jual beli lain dibutuhkan pula digitalisasi  di bidang jasa keuangan. 

Digitalisasi keuangan tentu tidak bisa dibendung karena semakin banyaknya transaksi online maka uang beredar yang dibutuhkan untuk pembayaran online juga meningkat. Tentu, dibutuhkan jasa keuangan digital yang mumpuni agar mendorong percepatan era digital dan tidak menghambat banyaknya lalu lintas uang di internet. 

Jasa keuangan yang berkembang banyak sekali jenisnya, seperti media untuk berinvestasi, menabung, sistem pembayaran, pinajaman online dan masih banyak lagi. Dengan adanya pandemi pula, maka digitaliasi seperti dipercepat beberapa tahun lebih cepat. 

Diprediksi, jasa keuangan digital akan berkembang semakin pesat karena semakin banyak perusahaan baik bumn maupun swasta  yang akan mendirikan berlomba untuk berinovasi dalam keuangan digital ini. Nilai investasi di sektor ini juga membutuhkan dana yang besar dan berpotensi pula mendapatkan keuntungan yang besar pula atas investasi yang dilakukan. 


Manfaat dengan adanya digitalisasi jasa keuangan adalah memudahkan kehidupan manusia itu sendiri serta mengutamakan kecepatan dan kepraktisan. Tanpa membawa uang tunai pun kita dapat melakukan transaksi dengan sekadar aplikasi di ponsel hp kita. Juga mengurangi risiko kejahatan seperti pencurian uang yang bisa mengancam saat kita lengah. 

Hal ini tentunya perlu didukung dengan teknologi yang canggih agar dapat mengantisipasi risiko dari keuangan digital ini, seperti penipuan online, pembobolan rekening banking, maupun bocornya data nasabah. Dengan mengurangi kemungkinan kejahatan digital maka akan membuat konsumen tidak merasa ragu untuk melakukan transaksi secara online. 

Lalu tips tips apa saja yang dapat kita lakukan sebagai user ataupun calon user dari jasa keuangan digital? ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan era keuangan digital ini:
  1. Pilihlah aplikasi yang terpercaya. aplikasi yang terpercaya tentu sudah dijamin oleh pihak regulasi yaitu otoritas jasa keuangan (OJK). aplikasi yang telah dijamin biasanya sudah aman dan mendapatkan ijin resmi dari pihak ojk selaku pihak regulator.
     
  2. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan kamu. terkadang sebagai manusia yang diberikan segala kemudahan dan tinggal klik saja maka berpotensi akan membuat diri kita lalai.

    Banyak hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Terkadang, malah kita lakukan dan hal tersebut justru akan membebani diri kita sendiri seperti meminjam uang secara online dengan tidak menghitung kemampuan bayar hutang diri kita sendiri.

    contoh lain seperti mengeluarkan uang untuk foya foya membeli barang yang kurang berguna di masa itu saking gampangnya berbelanja dan membayar dengan mobile banking. 
     
  3. Orientasikan investasi dan masa depan. jasa keuangan seperti sarana investasi tetap menjadi alokasi prioritas kita dalam memanfaatkan digitalisasi jasa keuangan kita. berinvestasi masa depan untuk tabungan di masa depan bisa diwujudkan dengan sarana digital keuangan ini.