Musim Dividen Datang, Cari Cuan Aja Yuk !

12 Dividend Stocks to Build a Monthly Income Calendar (kiplinger.com)

12 Dividend Stocks to Build a Monthly Income Calendar (kiplinger.com)

Like

Hai sobat cuan, mulai bulan april ini mulai banyak perusahaan yang akan membagikan keuntungannya melalui dividen. Tentu kita tidak boleh melewatkan momen momen cuan ini. Lalu apa aja nih yang perlu kita siapkan untuk mencari cuan saat musim dividen ini? simak terus artikel ini ya sobat cuan. 

Pembahasan kali ini kita fokuskan untuk trading jangka pendek ya sobat alias istilah kerennya dividen hunter. Mencari potensi gain jangka pendek dari sentimen dividen tentu menjadi menarik karena sentimen ini menjadi penggerak harga saham itu umumnya mengalami kenaikan.

Bisa juga terjadi kebalikannya yakni setelah diumumkannya nominal dividen yang akan dibagikan harga saham justru turun. Tapi sebelum itu, kita harus memahami beberapa hal penting dalam mencari cuan dari sentimen dividen yakni sebagai berikut:
  1. Pahami dulu Cum date dan ex date dividen.
    Cum date dividen yakni tanggal terakhir nama pemegang saham itui akan dicatat menerima pembagian dividen. Ex date dividen yakni hari dimana H+1 setelah cum date dimana pemegang saham tidak di catat menerima pembagian dividen. 
  2. Perhatikan dividen yield perusahaan.
    Dividen yield ini perlu diperhitungkan. Dividen yield menjadi penting dimana presentase yield yang tinggi menjadi menarik bagi investor dan trader untuk meraih cuan. Saham yang memiliki yield tinggi biasanya harga sahamnya akan naik tinggi pada saat menjelang cum date dividen nya
Lalu bagaimanakah kita mendapat cuan dari fluktuasi harga jangka pendek ini? ada beberapa langkah yang bisa saya sarankan untuk kita mendapat cuan di kesempatan kali ini 
  1. Cari data historis mengenai saham yang melakukan pembagian dividen.
    Kita dapat mengambil informasi dari website di internet mengenai tanggal cum date, ex date, yield dividen, besaran nominal dividen.

    Perusahaan biasanya tidak akan terlalu jauh berbeda dari track record masa lampau. Namun, karena di musim pandemi ini mayoritas saham mengalami penurunan kinerja maka biasanya akan merubah data historisnya.

     
  2. Setelah kita mendapat data histori tersebut, maka kita bisa melihat harga saham sekarang. kira-kira masih di level support atau resisten.

    Jika dirasa masih ada di level support maka kita bisa untuk memutuskan untuk membeli sahamnya. jika di level resisten maka tunggu dulu koreksi harga sahamnya.
     
  3. Harga saham pada umumnya akan naik saat mendekati tanggal cum date. disini kita mempunyai dua opsi untuk tetap memegang saham tersebut ataupun menjualnya saat cum date. dalam mengambil keputusan ini saran saya adalah untuk hitung yield dividen nya dibandingkan dengan capital gain yang telah kita dapat di beberapa hari sebelumnya.

    Jika yield masih lebih besar maka kita bisa hold sampai cum date dan bisa dijual saat ex date. Akan tetapi, jika capital gain sudah lebih besar dari pada yield maka saran saya agar taking profit dahulu saat cum date karena sepengamatan saya harga saham saat ex date pada umumnya mengalami penurunan.

    Untuk mengantisipasi hal itu, lebih menguntungkan untuk taking profit terlebih dahulu daripada saat ex date penurunannya lebih besar daripada capital gain yang kita dapatkan maka kita malah menderita kerugian.
     
Nah, itulah sedikit tips dari saya untuk mendapat cuan jangka pendek di musim dividen ini. Di sisi investor, dividen saham bisa dijadikan passive income yang rutin tiap tahun kita dapatkan dan akan kita bahas di artikel selanjutnya ya sobat cuan.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan dipraktekkan untuk mendapat cuan.