5 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

UKM Fashion (Sumber: Toffeedev.com)

UKM Fashion (Sumber: Toffeedev.com)

Pada kondisi Covid-19 yang tak kunjung usai ini, seluruh perekonomian termasuk di Indonesia menurun cukup derastis. Tak sedikit juga orang yang terpaksa di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena mungkin omzet perusahaan menurun.

Untuk itu, sebagian besar masyarakat mungkin termasuk Anda sedang memikirkan untuk membuka Usaha Kecil Menengah guna kelangsungan hidup sehari-hari.

Oleh karena itu, melansir Vasiota.com disini kita akan membahas beberapa contoh UKM yang mungkin cocok untuk Anda jalani.
 

1. Usaha di Bidang Fashion

Bisnis fashion sudah banyak dilakukan orang dan memiliki jumlah pesaing yang besar untuk memulainya fokuskan terhadap produk yang akan dijual. Mengikuti tren yang sedang berkembang yang banyak dicari orang sebagai indicator produk yang harus cermati.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat menentukan arah mana yang ingin dipasarkan. Sebaiknya Anda menentukan secara pasti siapa pelangga Anda akan sulit menentukan pemasaran produk tersebut. 

Dengan menjalankan bisnis UKM ini lebih efektif baik membuka toko, jika Anda belum memiliki cukup modal untuk membuka toko besar. Maka mulailah dari hal yang kecil bikinlah semenarik mungkin.

Gunakan kreativitas desainlah toko UKM Anda menarik calon pelanggan tentunya mendatangkan pembeli atau Anda mintak berkerjasama kepada orang yang udah berkembang bisnisnya untuk melancarkan bisnis  berjaln dengan baik. Berikan diskon kepada pelanggan Anda, pastinya semua orang menyukai diskon yang lebih sering membeli produk Anda menjadikan mereka lebih loyal.

Jika Anda ingin sukses di bidang fashion perlu diperhatikan semua strategi pemasaran, target yang ingin dituju, berapa modal UKM yang akan Anda keluarkan. Dengan mengajak berkerja sama orang yang sudah berpengalaman, dapat membantu melancarkan bisnis UKM.

Selain itu, tentunya promosi perlu menarik calon pelanggan untuk tahu tentang UKM fashion yang Anda miliki tentang lagi tren diburu banyak orang. Semoga Anda memilih UKM sebagai mulai bisnis agar cepat mengembangkan kesanyap bisnis kesuksesan.

2. Usaha di Bidang Kosmetik

Tak hanya wanita pria pun juga menjaga penampilan agar terlihat lebih terpukau, kini berbagai macam produk kosmetik dapat dipilih pembuatan dari bahan kimia maupun natural terlihat glowing perbaduan diantara keduannya.

Dengan membuka peluang UKM bakalan mendatangan keuntungan untuk Anda bisa mencobanya. Untuk itu ,Anda dapat menjadi reseller dengan membuka toko, di sini Anda wajib tahu apakah produk yang akan dijual sudah stardar BPOM dan pelabelan produk. Ini akan membantu Anda mengetahui sesuatu saat untuk menghindari masalah hokum yang akan merugikan bisnis UKM Anda. 

Pemasaran produk memiliki strategi mengenai harga, biaya dan cara efektif untuk menjual produk kosmetik yang disukai dikalangan masyarat upaya ini untuk meningkatkan jangkauan dipasar agar apa yang akan Anda jual dapat bersaing oleh pebisnis walaupun Anda seorang pemula.

Anda perlu pengelolaan dana agar yang dikeluarkan modal mmendapatkan keuntungan cermati membeli bahan baku produk atau dijual eceran tanpa mengalami kerugian dan dapat berjualan dengan baik mendapatkan kepercayaan dan menyakinkan kepada calon pelanggan Anda produk yang dijual aman.

3. Usaha di Bidang Kuliner

Usaha dibidang kuliner tidak pernah habis muncul berbagai macam ide mulai dari bentuk, rasa, modifikasi, warna dan lainnya. UKM kuliner tergolong dapat dilakukan bagi sebagian orang yang dapat memiliki modal kecil. Untuk memulai usaha ini Anda perlu memiliki keterampilan dan ketekunan serta kesabaran untuk mengembangkan usaha tersebut.

Bagi Anda tertarik untuk membuka peluang usaha mulai lah langkap yang tepat ketahui terlebih dahulu untuk membuka UKM yang sedang hits dikalangan masyarakat buatlah semenarik mungkin dengan kreasi dan modifikasi yang berbeda.

Untuk membuka usaha ini Anda dapat bermodal kecil, pilihlah tempat yang strategis ramai dilewati orang berkemungkinan mampir ketempat Anda. Untuk membuka toko atau sekedar warung atau angkringan dengan tampilan yang unik dan tempat yang bersih. Pememasan jualan dalam packaging rapid an menarik.

Gunakan label yang berwarna cerah, nama yang unik, serta rasa yang tak boleh mengecewakan semakin enak semakin pula mendatangkan pembeli. Lakukan cara promosi dengan cara membagikan sampel tak lupa memasukkan kartu nama bisnis dalam kemasaan. Berikan sample kepada orang untuk mencicipinya bila mereka suka dengan yang Anda buat akan menghubungi kartu yang tersimpan dalam kemasan tadi.

4. Usaha di Bidang Kerajinan

Peluang UKM kerajinan banyak sekali manfaat jika Anda pandai mengelolah dengan baik dengan memanfaatkan yang ada dilingkungan sekitar. Usaha ini tak perlu modal besar terlebih lagi ini kegiatan hobi membuat kerajinan dengan menyelesaikan pekerjaan kerajinan tangan sendirian saja.

Anda mengkreasikan kerajinan tangan dari bahan seperti botol, kain perca, kaleng minuman, kardus bekas, pecahan kaca dan lainnya. Ubahlah barang tersebut menjadi bermanfaat buat peluang usaha, ide kreatif pengelolaan bahan bekas dapat menjadi celengan koin, bantal kursi, keset, kotak tisu, mainan anak, frame foto, lampu hias, vas bunga dan sebagainya.

Manfaatkan barang bekas yang terpai lagu bisa disulap dengan tangan kreatif menjadi nilai harga yang tinggi yang awalnya modal sedikit untung berlipat ganda. Mulailah bisnis UKM menggunakan promosi di media sosial Anda dapat memposting berupa foto yang menarik untuk membeli kerajinan Anda di toko dan berikan kerajinan mulai dari tempat nama brand yang melihatnya akan mampir ditoko kerajinan Anda. 
 

5. Usaha di Bidang Manufaktur

Pengelolaan dalam sebuah bahan baku melalui berbagai proses mulai dari perencanaan, pemilihan material, desain produk dan proses pembuaatan. Biasanya memiliki mesin dalam skala besar dengan menyedikan mahan mentah dijadikan produk yang akan dijual dipasaran apakah Anda tertarik untuk mencoba membuka UKM ini.

Dapat produksi berbagai macam dari testil, garmen, keperluan rumah tangga, otomotif, elektronik, dan lainnya. hasilnya dilihat dan dipasarkan seperti pakaian, tas, celana, meja , lemari, kursi, motor, mobil, handphone, dan sebagainya.

Bahan mentah diolah menjadi bahan jadi yang dilihat dalam kebutuhan dipakai sehari-hari. Produk dipasarkan dan banyak membeli ditoko Anda maka disitulah datang profit mengungtungkan terkait produk yang diminati calon pelanggan.

Buat manufaktur kualitas bagus untuk menarik kembali pelanggan Anda. Berikan berupa diskon yang lebih sering kepada pelanggan Anda karena membuat orang dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaat strategi marketing dengan baik.