Teknologi Penting dalam Iklusi dan Literasi Keuangan Lho! Ini Alasannya

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Teknologi punya peran penting dalam setiap lini kehidupan kita saat ini, Be-emers. Mulai dari hal efisiensi pekerjaan, belanja, hingga bisa meningkatkan literasi dan inklusi keuangan lho!

Apalagi, kini banyak banget financial technology (fintech) yang bertebaran serta lahirnya bank digital. Hal tersebut tentunya diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi.

Masalahnya, meski zaman telah berkembang, masih ditemui juga nih kasus yang mana seseorang malas untuk sekedar membuka rekening bank. Padahal, dengan punya rekening, tentu saja hal itu akan mempermudah segala transaksi keuangan.

Ada sejumlah faktor sih kenapa mereka melakukan hal itu. Kalau menurut Vishal Tulsian, dilansir dari laman Bisnis, ini alasan orang enggak buka rekening di bank:
  1. Jar Economy
    Banyak orang yang memilih mengelola arus kas dengan cara Jar Economy. Misalnya, memisahkan sendiri pendapatan mereka dengan cara tradisional ke dalam beberapa toples atau tempat yang sudah ditandai sesuai pos pengeluaran.
     
  2. Tekanan Sosial Milenial
    Sementara itu, untuk kaum milenial, kebanyakan dari mereka merasa terhambat menabung dan buka rekening di bank karena adanya tekanan sosial. Hal ini juga bikin gaya hidup mereka sebenarnya enggak mampu untuk dijangkau.


Makanya, dengan adanya teknologi, hal ini jelas akan memudahkan sejumlah kalangan dalam hal keuangan nih, Be-emers.

Misalnya, dengan kehadiran fintech dan bank digital, kamu enggak perlu repot untuk melakukan transaksi keuangan, dimanapun dan kapanpun.

Belum lagi, fintech dan bank digital tentunya sudah didukung dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Kamu pun jadi bisa punya kebiasaan keuangan yang bakal lebih sehat.