Saingi Clubhouse, Spotify Akuisisi Platform Audio Locker Room

Spotify - Canva

Spotify - Canva

Like

Spotify mungkin telah menjadi “raja” platform audio streaming dengan berbagai kontennya yang menarik. Di sisi lain, kehadiran Clubhouse telah membuat persaingan baru di industri audio streaming.

Eksis sejak 2006, Spotify sudah punya 133 juta pelanggan di seluruh dunia hingga kuartal pertama 2020 lho. Namun, di awal 2021, popularitas aplikasi Clubhouse rupanya membuat banyak orang mulai meliriknya, meski masih terbatas.

Sadar akan eksistensi Clubhouse yang booming, dilansir dari The Verge, Spotify mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi Betty Labs, perusahaan di balik aplikasi audio live Locker Room!

Seperti yang diketahui, Spotify telah berinvestasi besar-besaran pada konten podcast yang juga melahirkan tren baru di dunia audio streaming. Kini, Spotify juga mau punya fitur percakapan audio langsung, kayak Clubhouse nih, Be-emers.

Baca Juga: Noice VS Spotify: Persaingan di Industri Konten Audio


Kenapa sih Spotify ambisi banget ingin punya fitur yang mirip Clubhouse?

Menurut Spotify, audio live ideal untuk kreator yang ingin terhubung dengan penonton secara real time, baik itu untuk menayangkan perilisan album, mengadakan sesi tanya jawab, atau bahkan mungkin untuk sekedar tampil.

Kepala R&D Spotify Gustav Söderström mengatakan pihaknya bakal mengizinkan siapapun mengadakan percakapan. Dengan begitu, aplikasi Spotify pun bakal siap bersaing dengan berbagai aplikasi audio langsung seperti Twitter Spaces, Clubhouse, hingga Discord.

Di sisi lain, kreator konten yang menggunakan Spotify enggak akan diharuskan untuk melakukan siaran langsung hanya di aplikasi Spotify lho. Soalnya, pihak Spotify sendiri memungkinkan adanya integritas dengan beberapa fitur lainnya di masa mendatang.

Bahkan, kelebihan dari fitur terbaru Spotify tersebut, nantinya memungkinkan para kreator untuk menjadikan konten audio langsung tersebut menjadi podcast.

Soalnya, Gustav menilai, sudah banyak pihak yang merekam obrolan Spaces dan Clubhouse mereka dan mengunggahnya sebagai file MP3 ke Anchor. Anchor sendiri merupakan aplikasi hosting dan pembuatan podcast Spotify.

Untuk kontennya sendiri, fitur audio langsung ini bisa saja berbayar atau mungkin gratis. Spotify pun akan bereksperimen dengan berbagai fitur monetisasi.

Meski diakuisisi oleh Spotify, aplikasi Locker Room tetap ada di App Store kok. Adapun, Spotify enggak mengungkapkan jumlah yang dihabiskan untuk pembelian tersebut.

Nah, menurut kamu bakal lebih seru dengering obrolan langsung di Clubhouse atau Spotify nih nanti?