Jadi Salah Satu Pengusaha Terkaya di Amerika, Ini Rahasia Mark Cuban

Mark Cuban - Pinterest

Mark Cuban - Pinterest

Buat kamu para pecinta pertandingan klub bola basket Amerika atau NBA, pasti kamu enggak asing dengan sosok Mark Cuban nih, Be-emers. Mark merupakan salah satu pengusaha terkaya di Amerika sekaligus pemilik dari klub NBA Dallas Mavericks.

Belakangan, nama Mark Cuban mendapat sorotan usai menghadiri talk show Shark Tank. Kesuksesan Mark Cuban sebagai seorang pengusaha kaya di Amerika pun bikin banyak orang penasaran nih.

Memang sih, dalam menggapai kesuksesan bisnis, kita enggak bisa mengabaikan ketajaman bisnis dan kerja keras yang konsisten. Meski begitu, dikutip dari Entrepreneur, mungkin ada sesuatu yang lebih dari sekedar rumus sukses dari seorang Mark Cuban.

Baca Juga: Jadi Crazy Rich Surabayan, Ini Fakta Menarik Soal Hermanto Tanoko
 

Apa saja ya rahasia kesuksesan Mark Cuban?

Faktor Keberuntungan dan Alam Semesta

Hal pertama, bagi Mark, yang digaris bawahi dalam mencapai kesuksesan yakni keberuntungan adalah apa yang menyebabkan beberapa kesuksesan dalam bisnis!

Menurut Mark Cuban, untuk menghasilkan cuan miliaran, kamu harus beruntung. Baginya, pasti ada sesuatu yang benar-benar cocok untuk kamu dan menjadi keberuntungan itu sendiri.

Pria yang menemukan portal Broadcast.com tersebut menjelaskan, ada yang namanya dunia “Biztuition” (intuisi bisnis), energi, dan bahkan spiritualitas yang enggak terlihat. Sayangnya, hal itu justru kadang dianggap terlalu tabu untuk dikaitkan dengan bisnis.

Mark yakin, enggak ada yang terdengar lebih "di luar sana" selain bagi seorang pemimpin untuk menjadi kuat dan cukup percaya diri untuk mengatakan dirinya adalah seorang pekerja keras. Dengan begitu, alam semesta pun juga akan bekerja dengan kamu lho!
 

Belajar dari Pengalaman

Sudah menjadi miliarder sejak menjual Broadcast.com ke Yahoo tahun 1999, Mark Cuban sebenarnya telah berada di sekitar blok bisnis. Ia pun telah menyaksikan kegagalan dan kesuksesan bisnis berkali-kali lho!

Untuk itu, pengalamannya sendiri telah mempengaruhi perasaannya tentang siapa yang berhasil dan siapa yang tidak dalam dunia kewirausahaan, yang notabene memang terkadang kejam.

Baca Juga: Mukesh Ambani, Orang Terkaya di Asia dengan Harta Hampir Menyentuh Rp1.000 Triliun
 

Mengenal Makna Hidup

Kesuksesan memang bisa dikejar dan diraih. Namun, apa yang akan kamu lakukan setelah mendapatkan semua hal itu?

Bagi Mark Cuban, hidup ini “setengah acak”. Jadi jika kita menentukan bahwa kesuksesan adalah bagian dari kerja keras dan sebagian dari keberuntungan, bagaimana kita menggunakan “rumus” ini untuk mencapainya?

Mungkin, persiapan yang berlebihan adalah salah satu cara untuk sampai pada kesuksesan. Lebih dari itu, tujuan dalam hidup kamu juga harus jadi kunci dan keselarasan pun enggak kalah penting.

Dengan begitu, kamu enggak hanya sukses, tapi kamu juga bisa menjalani dan mengenal makna hidup nih, Be-emers.

Adapun, berdasarkan data Forbes, total kekayaan bersih Mark Cuban hingga 5 April 2021 yakni mencapai US$ 4,4 miliar. Mark Cuban pun menempati posisi ke 177 sebagai orang terkaya di dunia.

Kamu sudah melakukan cara apa aja nih untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis?