Charles Geschke, Salah Satu Pendiri Adobe dan Pengembang PDF Meninggal Dunia! Seperti Apa Sosoknya?

Co-Founder Adobe Charles G Meninggal Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Co-Founder Adobe Charles G Meninggal Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Like

Perangkat lunak Adobe sudah menjadi bagian dari aktivitas produktif kita, mulai dari PDF hingga Photoshop. Sayang, kabar duka datang manakala sang pendiri Adobe Charles Geschke harus mengakhiri usianya nih, Be-emers.

Dilansir Fox Business, pria yang juga dikenal dengan nama Charles "Chuck" Geschke itu wafat di usia 81 tahun, hari Jumat (16/4) lalu.

Charles merupakan salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak Adobe Inc. Sosoknya juga merupakan pengembang teknologi Portable Document Format atau PDF lho, Be-emers.

 

Co-Founder Adobe Charles G Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Co-Founder Adobe Charles G Illustration Bisnis Muda - Pinterest

 

Perjalanan Charles “Chuck” Geschke

Bagi Adobe, sosok Charles merupakan seorang pahlawan selama beberapa dekade. Bersama John Warnock, CEO Adobe Shantanu Narayen mengatakan bahwa Chuck telah mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi.

Chuck dan John membuat produk pertama mereka, yang kemudian disebut sebagai Adobe PostScript. Produk tersebut merupakan teknologi inovatif yang menyediakan cara baru secara radikal untuk mencetak teks dan gambar di atas kertas dan memicu revolusi penerbitan desktop!


Sebelum menemukan cikal bakal Adobe, Chuck mendapatkan gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon. Setelah itu, Geschke mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto.

Nah, saat itu lah Chuck bertemu dengan John. Keduanya kemudian meninggalkan Pusat Penelitian Xerox Palo Alto tahun 1982 untuk mendirikan Adobe dan mengembangkan perangkat lunak bersama-sama.

Namun, perjalanan Charles Geschke enggak lepas dari kontroversi lho, Be-emers. Bahkan, di tahun 1992, Chuck sempat terlibat sebagai korban dari drama penculikan.

Saat itu, setibanya di tempat kerja pada pagi hari, dua pria menangkap Geschke dengan todongan senjata. Charles yang saat itu berusia 52 tahun kemudian dibawa ke Hollister, California dan ditahan selama empat hari!

Namun, pada akhirnya Charles berhasil selamat dari aksi penculikan tersebut setelah pihak kepolisian berhasil menangkap para pelaku dengan menjebak mereka menggunakan uang tebusan US$650 ribu.

Adapun, dedikasi Charles Geschke dalam perkembangan teknologi membawanya, serta John Warnock, mendapatkan anugerah National Medal of Technology dari Presiden Barack Obama di tahun 2009.

Baca Juga: Dikenal dengan Kasus Skema Ponzi Terbesar, Siapa Sosok Bernard Madoff?