Tips Menjaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi saat Puasa!

Tips Menjaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi saat Puasa - Canva

Tips Menjaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi saat Puasa - Canva

Like
Puasa Ramadan tentunya kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia, puasa menjadi salah satu ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada seluruh umatnya. 

Puasa Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena umat muslim memiliki tantangan tambahan untuk menjaga imunitas tubuh agar berfungsi optimal di tengah pandemi COVID-19. 

Saat menjalankan ibadah puasa tentu nya tubuh kita mempunyai imun tubuh yang panca robah, lantas tips apa sajakah yang dapat menjaga imun tubuh saat puasa ditengah pandemi ini, yuk kita simak ini diantaranya :
  • Konsumsi vitamin
Konsumsi suplemen yang berisi mineral dan vitamin untuk meningkatkan imunitas. Suplemen multivitamin yang dikonsumsi saat Ramadan umumnya berupa vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi.
  • Memenuhi kebutuhan air mineral bagi tubuh 
Selama puasa, kebutuhan air delapan gelas per hari harus tetap dipenuhi. Minum air bisa dilakukan dengan pola dua gelas air saat sahur, dua gelas air saat berbuka, dan empat gelas air di saat sahur.
  • Konsumsi buah dan sayuran
Istirahat sebelum makan berat dapat membantu memperlambat proses naiknya asam lambung. Untuk makan besar, cobalah perbanyak karbohidrat kompleks dengan sayuran hijau atau buah potong dan sejenisnya untuk membantu tubuh secara perlahan menyesuaikan diri dengan rasa kenyang dan mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba. 
  • Melaksanakan sahur
Seperti yang disebutkan dalam ajaran Islam, Allah SWT dan para malaikat akan mendoakan orang yang makan sahur dan akan mendapatkan pahala pula bagi mereka yang sahur dan berbuka puasa. 
  • Perbanyak beribadah kepada Allah
Untuk menjaga imunitas tubuh saat puasa juga dapat perbanyak ibadah kepada Allah juga mendapatkan pahala.
  • Istirahat cukup
Menjaga pola tidur dan istirahat yang baik di bulan ramadhan dengan sebaik mungkin dengan banyak nya kesempatan waktu.

Baca Juga: Diburu Saat Ramadhan, Ini Manfaat Kurma untuk Kamu yang Jalani Puasa