Kekuatan Oprah Effect Membuat Oprah Winfrey Hasilkan Oprah Dollar

sumber: Google

sumber: Google

Like

Siapa sih yang enggak kenal Oprah Winfrey? Oprah Winfrey adalah pembawa acara talk show, eksekutif media, aktris dan miliarder.

Dia terkenal karena menjadi pembawa acara programnya sendiri yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show, yang disiarkan selama 25 musim, dari 1986 hingga 2011. Pada 2011, Winfrey meluncurkan saluran TVnya sendiri, Oprah Winfrey Network (OWN).

Oprah dikenal dengan pembawa talk show yang dermawan dan sering mewawancarai selebriti, orang orang penting, bahkan baru baru ini, Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Ia mampu membuat acara talkshownya menarik dengan keotentikannya. Pada tahun 1994, ketika acara bincang-bincang yang menjadi semakin sampah dan eksploitatif, Winfrey berjanji untuk menjaga acaranya bebas dari topik tabloid.

Meskipun rating acara awalnya turun, namun dia mendapatkan rasa hormat dari pemirsanya dan segera dihargai dengan peningkatan popularitas.
 

Oprah Effect

Kemampuannya mempengaruhi orang dikenal sangat kuat sehingga barang apapun yang ia promosikan langsung ludes dalam waktu singkat. Dengan begitu, oprah juga dikenal sebagai orang ter influence


Misalnya, waktu 59 buku yang dipilihnya untuk klub bukunya, muncul di daftar sepuluh besar USA Today dan 29 buku mencapai posisi No. 1. Dengan dampak yang luar biasa itu, orang orang mulai menyebutnya dengan 'Oprah Effect.

Efek Oprah mengacu pada peningkatan penjualan akibat endorsement di The Oprah Winfrey Show, yang ditayangkan di TV selama 25 tahun. Rekomendasi dari Oprah, ratu acara bincang-bincang, mengubah banyak produk fesyen dan lifestyle menjadi perusahaan bernilai jutaan dolar.

Karna efek dari promosi oprah ini luar biasa, pasti cuannya banyak dong. karena harga untuk meng influence orang itu besar sekali, apalagi dengan dampak yang besar seperti Oprah yang bisa memberikan keuntungan hingga jutaan dollar.

Apalagi, dengan julukan “Ratu Televisi”, ia bisa jadi salah satu wanita terkaya. Berdasarkan Forbes 2010, dia adalah orang Afrika-Amerika terkaya di abad ke-20 dan multi-miliuner kulit hitam pertama di Amerika Utara. 
 

Oprah Dollar

Winfrey meluncurkan The Oprah Winfrey Show pada tahun 1986 sebagai program sindikasi nasional yang berjalan selama 25 tahun, hingga 2011. Dengan penempatannya di 120 saluran dan penonton 10 juta orang, acara itu meraup USD 125 juta pada akhir tahun pertama, dari dimana Winfrey menerima USD 30 juta.

The Standard melaporkan pada tahun 2010 bahwa gaji acara bincang-bincang Oprah adalah $ 315 juta setahun, yang enam kali lebih banyak daripada gaji pembawa acara talk show berpenghasilan tertinggi kedua pada saat itu.

Sudah bertahun-tahun sejak The Oprah Winfrey Show berakhir, tetapi mudah untuk melihat mengapa kekayaan bersih Oprah masih menjadi salah satu yang tertinggi di Hollywood, bahkan setelah gaji acara bincang-bincangnya hilang.

Adapun penghasilan yang dihasilkan dari saluran televisi miliknya, OWN, Forbes melaporkan pada Juni 2020 bahwa Oprah menghasilkan US$ 37 juta pada 2019, sebagian besar berasal dari saluran TV kabelnya.

Meskipun tidak jelas berapa banyak yang dia bawa pulang dari OWN pada tahun 2019, saluran tersebut menghasilkan ratusan juta dolar setiap tahun, dan 25,5 persen kepemilikan Oprah atas perusahaan tersebut bernilai US$ 75 juta. Tapi, tentu saja, itu hanya sebagian kecil dari kekayaan bersih Oprah.

Sumber penghasilan tersebut belum seberapa loh. Masih banyak lagi sumber penghasilan Oprah yang belum disebutkan seperti 8 persen saham Weight Watchers, tiga acara talkshow yang ia pandu di Apple TV, dan masih ada beberapa lagi.

Dari penghasilan yang tak terhitung itu, kemudan muncul lah bahasa gaul alias slang word ‘Oprah Dollar’ yang dimaksudkan jumlah uang yang tak terhingga seperti kekayaan Oprah.