Berhasil Kalahkan Jack Ma, CEO Meituan Wang Xing Kini Raih US$10 Miliar!

Wang Xing CEO Meituan Saingan Jack Ma Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Wang Xing CEO Meituan Saingan Jack Ma Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Dalam dunia bisnis, Jack Ma ternyata punya kompetitor yakni Wang Xing. CEO Meituan itu dikabarkan berhasil mengalahkan Jack Ma dan malah meraih US$10 miliar lho!

Wang Xing dan Jack Ma memang dikenal sebagai kompetitor yang bersaing ketat dalam bisnis di China. Sementara Alibaba milik Jack Ma lebih dominan dalam bisnis e-commerce dengan reputasi global, Wang justru telah membangun Meituan menjadi saingan yang menakutkan!

Wang memang masuk dalam generasi yang lebih muda dari Jack Ma. Namun, Wang mampu mendirikan kerajaan layanan pesan antar terbesar di dunia, bahkan dengan ambisi untuk mengganggu wilayah kekuasaan Alibaba.

Kini, sang CEO Meintuan itu pun telah mencatatkan rekor pendanaan US$10 miliar untuk mengembangkan teknologi yang menjanjikan, seperti kendaraan pengiriman otonom dan pengiriman drone untuk mengurangi biaya tenaga kerja serta memperluas jejak jaringan makanan dan e-commerce Meituan.

Dilansir Bloomberg, menurut para analis, pendanaan tersebut bakal jadi kunci untuk mendukung apa yang kemudian disebut Wang sebagai “top priority”, yakni komunitas e-commerce.


Soalnya, hal tersebut merupakan arena yang mana perusahaan teknologi besar kayak Alibaba hingga JD.com Inc dan Pinduoduo Inc mencari tempat berpijak.

Baca Juga: Seberapa Besar Dampak Kasus Jack Ma Pada Startup Teknologi China?

 

Wang Tetap Harus Hati-Hati

Meski begitu, Wang dan taipan teknologi lainnya dinilai harus tetap berhati-hati nih, Be-emers.

Masalahnya, selama enam bulan terakhir, Badan Pengawas Antimonopoli China telah meluncurkan undang-undang baru yang memberi mereka pengawasan lebih besar atas ranah internet.

Enggak cuma itu, mereka juga meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran seperti pengaturan eksklusif dan menawarkan harga preferensial kepada pelanggan baru.

Baca Juga: Didenda US$2,8 Miliar, Alibaba Dikabarkan Langgar Hukum Anti-Monopoli

Sebelumnya, Alibaba Group udah menghadapi hal tersebut dan harus berhadapan dengan otoriter pemerintah China lho. Nah, setelah Alibaba kena denda US$ 2,8 miliar, kini investor justru mengharapkan Meituan dan pendukungnya Tencent Holdings Ltd. untuk menjadi yang berikutnya.

Soalnya, Meituan juga dianggap mendominasi dalam pengiriman makanan dan bidang kehidupan internet nih, Be-emers.

Sebenarnya sih, komunitas e-commerce Meituan -termasuk di antara segelintir operator- telah dihukum pada bulan Maret karena subsidi yang berlebihan, bersamaan dengan unit Pinduoduo Inc. dan Didi Chuxing.

Menurut media pemerintah China, alih-alih mendorong inovasi, keasyikan industri dengan pengiriman bahan makanan membuatnya lupa ada sejumlah kasus kematian para kurir di masa lalu. Hal itu juga yang membuat pemerintah China melakukan pengawasan terhadap praktik bisnis Meituan.