Ini Deretan Wanita Asia yang Berhasil Bawa Pulang Trofi dari Oscar 2021

Oscar 2021 ( Sumber : Pinterest )

Oscar 2021 ( Sumber : Pinterest )


Salah satu ajang penghargaan terbesar di dunia, Academy Awards atau dikenal Oscar, baru saja dilangsungkan pada Minggu 25 April lalu di Los Angeles.

Pada ajang bergengsi tersebut, terdapat wanita Asia yang berhasil membawa pulang trofi. Siapa sajakah mereka?

Berikut 3 wanita hebat Asia yang bawa pulang trofi Oscar 2021 dengan bidang karya masing-masing.

Youn Yuh-jung

 

Youn Yuh-jung ( Sumber : Pinterest )

Youn Yuh-jung ( Sumber : Pinterest )


Meski tak lagi muda, bukan berarti menjadi hambatan untuk terus berkarya. Seperti halnya yang dilakukan oleh aktris “veteran” Korea Selatan, Youn Yuh-jung yang masih berkarya dan bahkan memenangkan penghargaan di usianya yang ke 73 tahun.

Yuh-jung berhasil membawa pulang trofi dari ajang Oscar 2021 melalui film yang diperankannya pada 2020 lalu, Minari. Pada film Amerika itu, Yuh-jung berperan sebagai Soonja, sang nenek yang datang untuk mengasuh cucunya yang tinggal di Amerika.

Memenangkan kategori Best Supporting Actress dengan aktingnya yang ciamik dan mencuri perhatian penonton, Yuh-jung berhasil mencetak sejarah sebagai aktris Korea Selatan pertama yang meraih Oscar.


Keberhasilan Yuh-jung menjadi prestasi yang membanggakan negaranya. Pasalnya, film fenomenal Parasite (2019) bahkan tak bisa mengantarkan aktrisnya masuk ke dalam nominasi Oscar pada 2020 lalu. 

Sehingga, para rekan aktris di tanah airnya turut berbahagia atas kemenangan Yuh-jung, sebut saja Song Hye Kyo, Jeon Do Yeon, Lee Byung Hun, serta Bae Doona yang turut mengucapkan selamat kepada Youn Yuh-jung.

Baca Juga: Inspiratif! Ini CEO Wanita yang Berhasil Pimpin Perusahaan Besar Dunia

 

Chloé Zhao

 

Chloé Zhao ( Sumber : Pinterest )

Chloé Zhao ( Sumber : Pinterest )


Wanita hebat asal China, Chloé Zhao berhasil meraih penghargaan Best Director di ajang film ternama, Oscar 2021. Penghargaan itu diraih Chloé melalui film adaptasi novel yang disutradarai olehnya pada 2020 lalu, Nomadland. 

Tak hanya berperan sebagai sutradara, wanita kelahiran 1982 itu juga ambil andil dalam penulisan, pengeditan hingga produksi film ini. Hebatnya, ketika menulis film ini di tahun 2018, Chloé juga sedang menyutradarai film superhero terbaru Marvel, Eternals. 

Film Nomadland juga dinobatkan sebagai Best Picture pada ajang Oscar 2021 kemarin. Sebelumnya, beberapa penghargaan lain juga berhasil diraih oleh film yang didistribusikan oleh anak perusahaan Disney -Searchlight Pictures- ini.

Kesuksesannya dalam film Nomadland ini berhasil membuatnya mencetak sejarah sebagai orang Asia dan wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan Best Director di Oscar. Wow, akhirnya kemampuan wanita Asia mulai diperhitungkan ya.

Sebelum karyanya diakui oleh Oscar, kemampuannya sudah terlebih dahulu diakui oleh ajang penghargaan Golden Globe Award. Dimana ia menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan kategori Best Director di ajang itu.

Melihat kinerja Chloé serta hasil karyanya, kualitas Chloé tampaknya tak perlu diragukan lagi, bukan? Bila anda penasaran dengan film karya Chloé Zhao ini, anda dapat menyaksikannya melalui layanan streaming Hulu.
 

H.E.R

 

H.E.R ( Sumber : Pinterest )

H.E.R ( Sumber : Pinterest )


Bila mendengar nama penyanyi asal Filipina ini, pasti akan berputar di benak anda alunan lagunya yang paling hit, Best Part kolaborasi dengan Daniel Caesar. 

H.E.R menjadi salah satu penyanyi yang patut diperhitungkan keberadaannya. Bagaimana tidak? Ajang penghargaan ternama, Academy Awards atau dikenal Oscar, mengakui talenta yang dimiliki oleh H.E.R.

Penghargaan Oscar ke-93 kategori Best Original Song berhasil dibawa pulang oleh H.E.R pada acara yang berlangsung hari Minggu lalu. Dengan kemenangannya, ia berhasil mengalahkan 4 penyanyi lain yang dinominasikan.

Lagu Fight For You yang dirilis sebagai soundtrack film “Judas and the Black Messiah” pada Maret 2021 lalu berhasil membawanya meraih penghargaan Oscar di tahun ini. Kemenangan ini menjadikannya orang kedua di Filipina yang meraih trofi Best Original Song Oscar.

Sebagai musisi yang terjun di dunia hiburan sejak 2016, H.E.R telah meraih berbagai penghargaan. Seperti pada salah satu ajang penghargaan terbesar di industri musik, Grammy Award. 

Banyak musisi berlomba-lomba untuk membawa pulang trofi ajang bergengsi itu. Pada tahun 2020 H.E.R masih gagal meraih trofi Grammy dari 5 kategori yang dimasukinya. Tetapi, pada 2021 ia memenangkan 2 penghargaan, Best R&B Song dan Song of the Year.

Setelah Grammy dan Oscar mengakui kualitas H.E.R, akankah karirnya semakin cemerlang?

Itulah wanita hebat asal Asia yang mampu membawa pulang trofi dari ajang penghargaan bergengsi di Amerika, Oscar 2021.

Wah, semoga prestasi mereka dapat membuka jalan bagi lebih banyak seniman berbakat Asia agar karyanya diakui oleh dunia.